Aksi Nyata Ajakan Gemar Membaca Sejak Dini pada Anak-Anak Sekolah Dasar Pandansari Melalui Buku Dongeng Bergambar - Comedy, Indie and Creativity

Minggu, 12 Februari 2023

Aksi Nyata Ajakan Gemar Membaca Sejak Dini pada Anak-Anak Sekolah Dasar Pandansari Melalui Buku Dongeng Bergambar

 


Loetju.idLiterasi menjadi salah satu poin penting dalam mengembangkan potensi diri dan membuka jendela wawasan. Akan tetapi, berdasarkan data UNESCO, masyarakat Indonesia masih memiliki minat literasi yang rendah. Hal ini seharusnya menjadi kegelisahan seluruh khalayak masyarakat tanpa terkecuali.

Minat literasi dapat ditumbuhkan dengan membangun kebiasaan membaca atau gemar membaca. Perlu adanya dorongan dan komitmen untuk menerapkan kebiasaan tersebut. Terlebih, kebiasaan tersebut perlu dilakukan sejak masa anak-anak sebab masa anak-anak merupakan masa kritis dalam tumbuh kembangnya. 

Dalam rangka melakukan aksi nyata meningkatkan literasi pada anak-anak, Aprillita Aulia Sandra, selaku mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya yang tergabung dalam KKN Tim I Universitas Diponegoro (Undip) Tahun 2023, mengajak anak-anak untuk gemar membaca dengan membagikan buku dongeng bergambar kepada siswa-siswi kelas 1 Sekolah Dasar (SD) Negeri Pandansari, Desa Kaliwlingi, Kecamatan Brebes, Kabupaten Brebes.
  
Kegiatan tersebut dilakukan pada hari Selasa, 24 Januari 2023, dengan melibatkan 21 siswa-siswi kelas 1 SD Negeri Pandansari. Pembagian buku dongeng bergambar kepada siswa-siswi kelas 1 SD Negeri Pandansari menjadi bentuk awal untuk menarik ketertarikan siswa-siswi tersebut dalam membaca buku. 


Pemilihan buku dongeng bergambar bertujuan untuk membuat kegiatan membaca menjadi lebih menyenangkan. Di ujung kegiatan, siswa-siswi tersebut mendapatkan kesempatan unjuk gigi di depan kelas untuk menceritakan kembali tentang kandungan cerita dalam buku dongeng bergambar yang telah dibaca sebelumnya. 

Ajakan gemar membaca ini diharapkan dapat meningkatkan ketertarikan anak-anak, khususnya siswa-siswi kelas 1 SD Negeri Pandansari dalam dunia literasi dan menjadi awal untuk membangun generasi yang literat.

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..