Kawal Pembangunan GOR, Mahasiswa KKN UNDIP Lakukan Desain Perencanaan Pembangunan GOR Desa Babadan - Comedy, Indie and Creativity

Selasa, 07 Februari 2023

Kawal Pembangunan GOR, Mahasiswa KKN UNDIP Lakukan Desain Perencanaan Pembangunan GOR Desa Babadan

 


Loetju.idKlaten 07/02/2023, Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa. Universitas Diponegoro melaksanakan KKN dengan mengirimkan mahasiswa ke berbagai desa yang ditempatkan secara acak. 

Kuliah Kerja Nyata (KKN) dilakukan mulai tanggal 03 Januari 2023 sampai dengan 16 Februari 2023. Pelaksanaan kegiatan KKN ini diharapkan dapat mengasah pola pikir mahasiswa menjadi lebih kritis dan awas terhadap lingkungan sekitarnya. Mahasiswa KKN UNDIP diharapkan dapat mengembangkan potensi yang ada di desa tersebut dan juga mengatasi masalah masalah yang ada di desa tersebut.

Penggunaan lahan merupakan wujud nyata dari pengaruh aktivitas manusia terhadap sebagian fisik permukaan bumi. Bentuk penggunaan lahan suatu wilayah terkait dengan pertumbuhan jumlah penduduk dan aktivitasnya. Lahan yang cukup luas dapat dimanfaatkan untuk pembangunan GOR yang dapat menunjang aktivitas warga dan dapat membantu masyarakat desa dalam menjalankan kegiatan ataupun acara yang besar. Pembangunan GOR yang dapat dimultifungsikan untuk kegiatan lain dapat memudahkan masyarakat dalam berkumpul.

Pada Selasa, 7 Februari 2023, Kristian Septaditia Davero Ginting selaku Mahasiswa KKN Tim 1 Undip telah melakukan penyerahan hasil dari program monodisiplin yaitu “Pembuatan Desain Perencanaan dan Perhitungan RAB GOR Desa Babadan”, kegiatan ini merupakan program kerja monodisiplin yang sesuai dengan jurusan mahasiswa, yaitu Teknik Sipil, yang outputnya berupa desain GOR dan juga perhitungan RAB GOR Desa Babadan yang diberikan kepada pihak perangkat desa di Balai Desa. 


Saat awal melakukan proses perizinan dan pemaparan program kerja KKN, Bapak Sigit Winarno selaku Sekretaris atau carik Desa Babadan menyatakan bahwa dibutuhkannya desain dan juga perhitungan RAB GOR. Oleh karena itu, pihak desa sangat senang dan terbantu dengan adanya perencanaan GOR ini.

Dari perencanaan dan perhitungan yang telah dilakukan lahan seluas ±820 m2 dapat dimanfaatkan sebagai  GOR. Dengan perencanaan dan perhitungan yang telah dilakukan diharapkan dapat membantu perangkat desa dalam mengalokasikan dana desa yang ada dan juga memiliki gambaran terkait GOR yang akan dibangun. GOR ini juga diharapkan dapat membantu masyarakat Desa Babadan dalam meningkatkan potensi potensi muda berbakat dalam bidang olahraga dan juga dapat menjadi aset desa yang bias dikelola untuk pengadaan event. 

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..