Mahasiswa KKN UNDIP dan Polisi Lakukan Edukasi dan Praktik Simulasi Berlalu Lintas di SDN 3 Karangdowo - Comedy, Indie and Creativity

Jumat, 10 Februari 2023

Mahasiswa KKN UNDIP dan Polisi Lakukan Edukasi dan Praktik Simulasi Berlalu Lintas di SDN 3 Karangdowo

 

Loetju.idKlaten 09/02/2023. Marak nya kasus kecelakaan di Indonesia yang disebabkan oleh ketidakpatuhan atas peraturan yang ada menyebabkan kecemasan akan terjadi hal yang membahayakan di lingkungan sekitar. Pelanggaran berlalu lintas sudah menjadi kewajaran di pedesaan, bahkan seringkali ditemui ketika penulis melakukan survei di Kelurahan Karangdowo. 

Terdapat berbagai macam pelanggaran berlalu lintas, salah satunya yaitu anak di bawah umur mengendarai kendaraan bermotor tanpa memiliki Surat Izin Mengemudi.


Maka dari itu, Zulkarnain Damarjati Wijaya (22) Mahasiswa Tim I KKN Universitas Diponegoro yang berletak di Desa Karangdowo, Klaten melaksanakan program berjudul “Polisi Cilik”. Program tersebut dilakukan dengan maksud mengedukasi akan pentingnya mematuhi peraturan berlalu lintas serta memahami tugas dan kewajiban kepolisian dalam menertibkan lalu lintas.


Edukasi berlalu lintas dilakukan dengan mengundang Kapolsek Karangdowo Iptu Masna, S.H., yang menjadi pembicara perihal tentang tertib peraturan berlalu lintas dan praktik simulasi penertiban lalu lintas kepada seluruh siswa Sekolah Dasar Negeri 3 Karangdowo. Hal ini disambut dengan antusias oleh seluruh guru dan siswa terlihat dari penataan ruangan yang dilakukan bersama sama sampai dengan situasi yang kondusif dan keaktifan para siswa saat program “Polisi Cilik” berlangsung. 

 
Kegiatan “Polisi Cilik” dilaksanakan dengan pembawa acara dari mahasiswa KKN dan pemaparan materi oleh Kapolsek Karangdowo Iptu Masna, S.H, yang disertai sesi tanya jawab berhadiah guna memastikan pemahaman siswa-siswi SDN 3 Karangdowo terhadap materi yang telah disampaikan oleh pihak kepolisian, serta diakhiri dengan praktik simulasi penertiban berlalu lintas yang bertempat di jalanan depan sekolah.

Kapolsek Karangdowo Iptu Masna, S.H, mengatakan “Program yang diadakan simple, mengena dan sesuai dengan rencana sehingga siswa SD pun dapat dengan mudah memahami materi yang disampaikan dibantu oleh praktik simulasi penertiban lalu lintas.”

Dengan terselenggaranya program ini, diharapakan siswa sekolah dasar dapat lebih memahami akan pentingnya menaati peraturan lalu lintas dan menghargai serta menghormati kepolisian dalam mengatur lalu lintas sehingga nanti akan terwujudnya situasi lalu lintas yang aman.

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..