Mahasiswa Undip Sajika Titik Lokasi Tempat Pewadahan Sampah dengan Peta Topografi - Comedy, Indie and Creativity

Jumat, 10 Februari 2023

Mahasiswa Undip Sajika Titik Lokasi Tempat Pewadahan Sampah dengan Peta Topografi




Loetju.idBatang (27/1) Seiring dengan pesatnya pertumbuhan ekonomi dan peningkatan investasi dalam pemanfaatan sumber daya alam, maka kebutuhan informasi geografi suatu wilayah dalam skala yang lebih detail merupakan suatu hal yang sangat penting dan sangat mendesak untuk disegerakan pengadaannya. Peta topografi merupakan peta yang menampilkan gambaran permukaan bumi bik alamiah maupun buatan manusia dan unsur relief disajika dalam bentuk garis kontur.

Peta topografi dibuat untuk memberikan informasi tentang keberadaan, lokasi, dan jarak, seperti lokasi penduduk, rute perjalanan, dan komunimasi. Peta topografi juga menampilkan variasi daerah, ketinggian kontur, dan tingkat tutupan vegetasi. 


Peta sangat penting untuk perencanaan suatu pembangunan, belum terpetakannya titik lokasi tempat pewadahan sampah di lingkungan desa Gombong membuat pengelolaan sampah kawasn tersebut tidak efektif. Agar pengelolaannya efektif dan efesien dibutuhkan peta topografi wilayah desa Gombong  untuk digunakan sebagai informasi titik lokasi tempat pewadahan sampah.

Untuk mendukung pembangunan fasilitas lingkungan desa Gombong dengan meningkatkan informasi yang menampilkan variasi daerah, ketinggian kontur, dan tingkat tutupan vegetasi, mahasiswa KKN Undip Tim 1 mengadakan kegiatan pemaparan peta topografi yang dilengkapi dengan titik lokasi tempat pewadahan sampah oleh Ahmad Fadhil Choerun Izzani dari Fisika kepada perangkat desa dan tokoh masyarakat desa Gombong di Balai Desa Gombong, Kabupaten Batang, Jawa Tengah. Kegiatan ini berlangsung pada tanggal 27 Januari 2023. 


Pembuatan peta topografi menggunakan aplikasi Arcgis dan data Demnas, yang kemudian diberi beberapa titik lokasi tempat pewadahan sampah di lingkungan desa Gombong.


Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..