Reportase KKN Mahasiswa KKN Undip Edukasi Pentingnya Menerapkan EYD V dalam Poster-poster Kegiatan Sosialisasi - Comedy, Indie and Creativity

Minggu, 12 Februari 2023

Reportase KKN Mahasiswa KKN Undip Edukasi Pentingnya Menerapkan EYD V dalam Poster-poster Kegiatan Sosialisasi

 


Loetju.id - Tim KKN 1 Undip 2022/2023 Desa Pagejugan, Kecamatan Brebes, Kabupaten Brebes membuat berbagai poster kegiatan sosialisasi dengan menerapkan Ejaan Yang Disempurnakan V (EYD V). Poster-poster yang telah dicetak mulai ditempelkan di beberapa sekolah, seperti SDN Pagejugan 01, SDN Pagejugan 02, SDN Pagejugan 03, dan SMP Pusponegoro, pada hari Selasa (7/2) lalu. 

Program pembuatan poster dengan penerapan EYD V dan bersifat persuasif ini merupakan salah satu program kerja monodisiplin dari salah satu anggota mahasiswa Tim KKN Undip Desa Pagejugan, yakni Annisa Rachmawati, salah satu mahasiswa Undip yang berasal dari jurusan Sastra Indonesia. Adapun program kerja ini diusulkan karena masih terdapat beberapa poster di Desa Pagejugan yang penulisannya belum sesuai dengan EYD V dan kurang persuasif. 

Penulisan yang salah dalam suatu teks akan berdampak pada pembaca, yakni pembaca menjadi kurang atau tidak paham dengan pesan yang hendak disampaikan. Melihat itu, Annisa memutuskan untuk membuat berbagai macam poster dengan menerapkan EYD V dan bersifat persuasif guna melengkapi kegiatan sosialisasi yang dilakukan oleh Tim KKN Undip Desa Pagejugan. 
 
Adapun poster yang dibuat meliputi beberapa tema. Misalnya, poster tentang “Menabung Sejak Dini”, “Pentingnya Membaca dan Menulis”, “Mitigasi Bencana Banjir dan Angin Puting Beliung”, “Kesehatan Keselamatan Kerja (K3) di Sawah”, dan “Gerakan Masyarakat Stunting (Gemasting)”. Tema-tema poster yang telah disebutkan tadi merupakan gambaran dari berbagai potensi masalah yang ada di Desa Pagejugan, yang meliputi lima aspek, Di antaranya ada aspek ekonomi, pendidikan, geografi (bencana alam), pertanian, dan kesehatan. 


Penerapan EYD V di dalam berbagai poster bertujuan agar seluruh pesan yang ingin disampaikan oleh penulis dapat dimengerti dan dipahami oleh para pembaca dengan baik. Meskipun penerapan EYD Harapannya, dengan menyelipkan berbagai kalimat persuasif tersebut juga masyarakat—yang membaca isi poster—bisa termotivasi untuk melakukan hal-hal positif untuk memajukan Desa Pagejugan, Kecamatan Brebes, Kabupaten Brebes. 

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..