Setelah Sekian Tahun, Akhirnya Peta Administrasi Desa Pagedangan Diperbarui - Comedy, Indie and Creativity

Jumat, 10 Februari 2023

Setelah Sekian Tahun, Akhirnya Peta Administrasi Desa Pagedangan Diperbarui

 


Loetju.idTegal 07/02/2023.Mahasiswa KKN Tim 1 Universitas Diponegoro menjalankan program kerja “Pembuatan dan Pembaruan Peta Administrasi Desa”. Tujuan dari program kerja ini sendiri yaitu untuk memperbarui tata letak terkini di Desa Pagedangan, Kecamatan Adiwerna, Kabupaten Tegal pada peta yang ditempatkan di kantor desa.

Desa Pagedangan awalnya sudah memiliki peta administrasi desa namun sudah lama tidak diperbarui, Adapun bentuk geografis, aliran sungai, jalan, fasilitas, dan masih banyak lagi yang sudah tidak akurat seiring dengan perkembangan desa. Peta administrasi desa merupakan visualisasi perkembangan desa dari masa ke masa yang akan bermanfaat untuk saat ini dan dikemudian hari.

Melihat dari permasalahan tersebut, Fadiya Azzahra (20) Mahasiswa jurusan Teknik Arsitektur Universitas Diponegoro mengajukan program pembaruan peta administrasi desa yang telah terbarui.

Adapun proses pengerjaan pembuatan peta yang terdiri dari beberapa tahap. Yang pertama yaitu pengumpulan data digital dari Google Map, Google Earth, Geopartal Kabupaten Tegal, lalu disatukan/9dalam aplikasi ArcMap, sebuah aplikasi untuk melakukan pemetaan secara luas.


Tahapan kedua yaitu melakukan survey lokasi fasilitas umum, sarana ibadah dan pendidikan yang ada di Desa Pagedangan. Kemudian, melakukan asistensi dan konfirmasi dengan perangkat desa untuk mendapatkan data yang valid dan akurat.

Tahapan ketiga yaitu melakukan revisi sesuai dengan arahan perangkat desa menggunakan ArcMap dan Photoshop. Setelah semua tahapan terselesaikan, peta administrasi desa dicetak dan diserahkan ke Kantor Balai Desa Pagedangan. Ada dua jenis peta yaitu berupa peta fisik dan peta digital, file peta digital yang diberikan berupa file ArcMap, Photoshop, dan pdf.

Adapun pembaruan yang ada yaitu berupa perubahan batas desa, bentuk aliran sungai, penambahan fasilitas desa berupa sarana ibadah dan sarana Pendidikan, penambahan jalan lingkungan, pelebaran Kawasan pemukiman warga, dan masih banyak lagi.

Untuk merealisasikan program, Fadiya juga menerapkan ilmu arsitektur dengan memperhatikan nilai estetika layout peta, tidak hanya berupa zonasi dan titik lokasi fasilitas desa. Terealisasinya program pembaruan peta administrasi desa ini diharapkan dapat membantu perencanaan pembangunan desa kedepannya.

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..