Untung dari Limbah Jagung - Comedy, Indie and Creativity

Minggu, 12 Februari 2023

Untung dari Limbah Jagung

 


Loetju.idDalam dunia pertanian, tidak ada yang namanya limbah. Semua hasil pertanian memiliki manfaat dan nilai jual yang tinggi apabila kita dapat mengolahnya dengan baik. Tidak terkecuali halnya pada tanaman jagung. Hasil panen jagung yang telah diambil bijinya saja menyisakan bonggol yang terlihat tidak memiliki potensi. Bonggol jagung biasanya hanya secara langsung dijual untuk pakan ternak tanpa diolah terlebih dahulu.

Desa Daleman merupakan salah satu desa di Kecamatan Tulung, Klaten yang salah satu penghasilan utamanya adalah pertanian. Tanaman jagung menjadi satu dari beberapa komoditas yang dibudidayakan di Desa Daleman. Dengan adanya jagung sebagai sektor pertanian, tidak menutup kemungkinan adanya limbah jagung berupa bonggol yang menumpuk di sekitar Desa Daleman. 

Setelah dilakukan wawancara mengenai limbah bonggol jagung ini, didapatkan informasi bahwa bonggol-bonggol ini hanya secara langsung dijual ke pengepul. Menanggapi hal ini, Tim 1 KKN Undip 2023 berinisiatif untuk mengajak warga Desa Daleman untuk memanfaatkan bonggol jagung ini dengan mengubahnya menjadi arang briket.

Tim KKN Undip mengadakan pelatihan pembuatan arang briket yang berbahan dasar utama bonggol jagung. Pelatihan ini diadakan pada hari Minggu, 5 Februari 2023 dan bertempat di Aula Balai Desa Daleman. Kegiatan dihadiri oleh karang taruna Desa Daleman. Tim KKN Undip sengaja menargetkan para pemuda untuk menggerakkan generasi muda agar dapat memajukan desa. 

Kegiatan diawali dengan pengisian materi mengenai briket bonggol jagung dan kiat pemasarannya oleh Tim KKN Undip. Kemudian dilanjutkan dengan demo pembuatan arang briket secara langsung. Demo pembuatan pada kegiatan ini masih dilakukan secara manual dengan alat yang tersedia. 

 
Bahan yang digunakan dalam proses pembuatan arang briket ini antara lain bonggol jagung, tepung tapioka, dan air panas. Sedangkan alat yang digunakan cukup sederhana, antara lain wadah, saringan, korek, dan alat cetak.

Proses pembuatan diawali dengan pembakaran bonggol jagung hingga menghitam kemudian dihaluskan. Hasil pembakaran bonggol jagung yang sudah dihaluskan kemudian disaring karena hanya yang berbentuk butiran halus saja yang nantinya digunakan. Tingkat kehalusan bahan ini sangat mempengaruhi kualitas dari arang briket itu sendiri. Semakin halus akan semakin rekat padatan arang briket nantinya. 

Setelah bonggol jagung halus, kemudian dicampurkan dengan tepung tapioka yang sudah dilarutkan dengan air panas. Selanjutnya, adonan yang sudah dicampurkan dicetak hingga berbentuk padatan. Terakhir, hasil cetakan arang dikeringkan dengan cara dijemur di bawah sinar matahari. 
 
Para peserta pelatihan juga diikutsertakan dalam demo pembuatan tersebut. Dengan begini, peserta pelatihan akan lebih memahami proses pembuatan briket. Kegiatan pelatihan ini juga sudah disediakan arang briket yang sudah jadi sehingga dapat diamati oleh para peserta. Arang briket yang sudah ada diujicobakan untuk dibakar untuk melihat kualitas api yang dihasilkan. Kegiatan pelatihan diakhiri dengan foto bersama Tim KKN Undip dan peserta pelatihan.
 
Program pelatihan pembuatan arang briket ini diharapkan dapat menjadi salah satu ide usaha warga Desa Daleman untuk membantu menaikkan pendapatan desa.

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..