Mahasiswa KKN Undip Tim 1 Buat PMT Bolu Kukus Jamur Tiram Untuk Balita Stunting - Comedy, Indie and Creativity

Kamis, 09 Februari 2023

Mahasiswa KKN Undip Tim 1 Buat PMT Bolu Kukus Jamur Tiram Untuk Balita Stunting

 


Loetju.idKlaten, (04/02/2023). Stunting merupakan salah satu masalah gizi yang hingga saat ini masih menjadi perhatian nasional. Desa Bakungan merupakan salah satu desa yang terletak di Kecamatan Karangdowo, Kabupaten Klaten

Jumlah balita stunting di Desa Bakungan sebanyak 9 balita. Stunting merupakan suatu kondisi gagal tumbuh pada anak yang ditandai dengan tinggi badan yang tidak sesuai dengan usia, stunting dapat dilihat berdasarkan indeks antropometri TB/U dengan z-score <-2 SD sd -3 SD (pendek) dan z-score <-3 SD (sangat pendek). 

Stunting apabila tidak segera diatasi akan berdampak pada perkembangan kognitif serta emosional anak dikemudian hari. Salah satu upaya menanganinya adalah dengan pemberian makanan tambahan (PMT) untuk balita stunting. 


Sosialisasi dan demonstrasi pembuatan PMT bolu kukus jamur tiram dilakukan hari Sabtu, 4 Februari 2023 di balai desa Bakungan dengan dihadiri oleh perwakilan kader tiap posyandu. Inovasi pembuatan PMT ini dilatarbelakangi karena adanya potensi desa berupa budidaya jamur tiram dimana jamur tiram sendiri mengandung protein yang tinggi dan berbagai vitamin dan mineral lainnya seperti zat besi, fosfor, vitamin A dan D. 

Kegiatan diawali dengan pemaparan dan pengenalan produk yaitu penyampaian manfaat serta kandungan gizi pada bolu kemudian dilanjutkan dengan menampilkan video demonstrasi cara pembuatan bolu kukus dan terakhir adalah membagikan contoh sampel produk kepada kader. Bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan bolu kukus jamur tiram adalah:

1. 150 gr jamur tiram 
2. 120 gr tepung terigu 
3. 100 gr margarin 
4. 1 keping dark chocolate 
5. 100 gr gula halus
6. ½ sdt baking powder 
7. 1 sdt SP
8. 3 butir telur


Cara pembuatan PMT bolu kukus jamur tiram yaitu:

1. Cuci bersih & kukus jamur 3-5 menit
2. Blender jamur hingga halus
3. Lelehkan margarin & dark chocolate
4. Aduk 3 butir telur, gula halus dan SP dengan mixer hingga putih mengental
5. Masukkan lelehan margarin dan dark chocolate kemudian aduk manual
6. Masukkan jamur yang telah halus 
7. Masukkan tepung terigu dan baking powder kemudian aduk hingga merata
8. Masukkan adonan dalam wadah cetakan
9. Masukkan dalam dandang untuk dikukus selama 40-50 menit

Resep pembuatan PMT bolu kukus jamur tiram ini dapat dimodifikasi sesuai selera dan harapannya semoga produk ini dapat menjadi salah satu alternatif dalam membantu mengentaskan angka stunting. 

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..