Mahasiswa Undip Rancang Gapura Antar Dukuh di Desa Pretek Penanda Batas Administrasi Antar Dukuh - Comedy, Indie and Creativity

Jumat, 10 Februari 2023

Mahasiswa Undip Rancang Gapura Antar Dukuh di Desa Pretek Penanda Batas Administrasi Antar Dukuh




Loetju.idGapura merupakan sarana penting yang di perlukan pada satu wilayah. Gapura bukan hanya merupakan bangunan fisik saja namun lebih memiliki fungsi dan arti tersendiri sebagai pintu gerbang maupun tanda batas suatu daerah satu dengan daerah lain. Menurut tradisi, gapura merupakan wujud ungkapan selamat datang kepada tamu yang akan berkunjung ke tempat tersebut.

Meskipun fungsinya yang sangat penting bagi suatu wilayah, di Desa Pretek yang terletak di Kecamatan Pecalungan Kabupaten Batang ini masih belum memiliki gapura yang membatasi wilayah administrasi secara fisik. Mahasiswa KKN Tim 1 Undip tahun 2023, bernama Muhammad Irfan Budhiputranto dari Teknik Sipil membuat rancangan desain gapura beserta rancangan anggaran biayanya.


“Dengan adanya rancangan gapura ini bisa menjadi pembatas administrasi secara fisik nantinya serta menjadi ikon desa yang akan menarik lebih banyak pengunjung dan menjalankan roda ekonomi desa lebih baik lagi.” ucap Irfan Ketika memaparkan program ini pada perangkat desa (27/1/2023).

Perencanaan gapura ini dimulai dengan survey lokasi mengukur lebar jalan salah satu dukuh, kemudian dibuat desain tampak serta gambar Detailed Engineering Design (DED) sebagai gambar kerja. Setelah desain selesai, dilakukan perhitungan RAB berdasarkan HSP Kabupaten Batang tahun 2022. Desain gapura dibuat 2 sebagai alternatif terkait dana, tetapi keduanya memakai konsep material bata merah dikarenakan di desa ini memiliki beberapa sentra industri bata merah.


Penyerahan rancangan ini berupa modul diberikan langsung pada Sekretaris Desa Pretek, Bapak Sair. Pihak desa senang dengan adanya rancangan gapura ini, dengan adanya rancangan ini dapat membantu pembangunan gapura ke depan seiring dengan prioritas pembangunan desa.

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..