Ayo Makan Ikan! Mahasiswa Tim II KKN Universitas Diponegoro Ajak Masyarakat Desa Karangasem Gemar Makan Ikan - Comedy, Indie and Creativity

Senin, 07 Agustus 2023

Ayo Makan Ikan! Mahasiswa Tim II KKN Universitas Diponegoro Ajak Masyarakat Desa Karangasem Gemar Makan Ikan

 


Loetju.id - Desa Karangasem, Kecamatan Talun, Kabupaten Pekalongan (30/07/2023) – Peningkatan konsumsi ikan dapat dimulai dari sejak dini. Kandungan gizi pada ikan berupa protein, karbohidrat, vitamin, mineral, asam lemak omega 3, 6, 9 dipercaya mampu memberikan dampak yang baik bagi kesehatan tubuh manusia. 

Diantaranya membantu menurunkan resiko penyakit jantung, meningkatkan kercedasan anak, mencegah resiko penyakit alzheimer, dan anti-inflamasi. Pengetahuan ibu menjadi faktor yang penting sebab berkaitan dengan penyediaan bahan makanan terutama makanan bergizi yang sangat dibutuhkan bagi anak-anak dan keluarganya.

Maka dari itu, penting untuk meningkatkan konsumsi ikan dengan membuat kampanye pentingnya makan ikan yang target utamanya adalah ibu sebagai agent of change yang dapat mengatur menu makanan keluarga sehari-hari dan mendidik anak-anak agar dapat mengetahui manfaat serta terbiasa makan ikan. 



Penyuluhan Program Gemarikan kepada Ibu-ibu PKK


Edukasi Gemarikan (Gemar Memasyarakatkan Makan Ikan) menjadi salah satu program penyuluhan nasional yang dicanangkan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan yang bertujuan untuk memotivasi masyarakat secara luas agar dapat meningkatkan konsumsi makan ikan dalam jumlah yang cukup untuk membentuk masyarakat yang sehat, cerdas, dan kuat. 

Kegiatan penyuluhan dilaksanakan Minggu, 30 Juli 2023 oleh Tim II KKN Universitas Diponegoro, Diqqia Sekar Ardani dengan arahan dosen pembimbing lapangan bapak Ocid Mursid, S.T., M.T.  Kegiatan ini ditujukkan kepada Ibu-ibu PKK yang bertempat di rumah ketua ibu-ibu PKK, Ibu Indah. 

Penyuluhan mengenai Gemarikan dilakukan dengan menggunakan leaflet yang berisi informasi tentang alasan mengapa harus makan ikan, kandungan gizi dan manfaat mengonsumsi ikan, serta cara mengetahui ciri-ciri ikan segar. 

Leaflet Ajakan Gemar Makan Ikan 


Ibu-ibu PKK menyambut baik program edukasi Gemarikan ini, terlihat dari bagaimana ibu-ibu menyimak pemaparan yang diberikan dengan serius dan penuh rasa ingin tahu. Melalui kegiatan ini, diharapkan mampu meningkatkan pemahaman dan kesadaran ibu-ibu agar dapat mengatur menu makanan keluarga sehari-hari dengan menambahkan konsumsi ikan yang baik bagi kebutuhan gizi.



Penulis : Diqqia Sekar Ardani (26060120140102)
DPL : Ocid Mursid, S.T., M.T.
Lokasi : Desa Karangasem, Kecamatan Talun. Kabupaten Pekalongan
KKN Tim II Universitas Diponegoro Tahun 2023



Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..