Hemat dan Efisien! Optimasi Media Sosial Sebagai Platform Pemasaran UMKM - Comedy, Indie and Creativity

Selasa, 08 Agustus 2023

Hemat dan Efisien! Optimasi Media Sosial Sebagai Platform Pemasaran UMKM

 


Loetju.idBodeh (27/07/2023) - Perkembangan teknologi membuat setiap jenis bisnis atau usaha memiliki keharusan untuk memasukkan unsur digital didalamnya. Hal ini juga berlaku bagi UMKM yang menginginkan bisnis mereka dapat berkembang sehingga penjualan meningkat dan target pasarnya meluas. 

Namun, hal tersebut sulit untuk dilakukan bagi UMKM yang kurang memiliki pengetahuan untuk beralih ke pemasaran dengan media digital. Salah satu wadah pemasaran digital yang dapat digunakan adalah media sosial, sebab mudah dijangkau, efisien, dan pastinya hemat biaya. 

Pemasaran dengan media sosial merupakan strategi pemasaran dengan menggunakan media sosial sebagai platform dalam melakukannya. Banyak jenis konten yang bisa diunggah melalui sosial media, seperti konten untuk informasi umum, panduan, hingga penawaran produk. Pemasaran ini memberikan kemudahan bagi UMKM yang sedang mengembangkan sayapnya dengan budget terbatas. 

Dengan adanya edukasi terkait pemasaran dengan media sosial dapat memberikan peluang bagi UMKM tersebut dalam mengembangkan bisnisnya, sebab konten yang diunggah tidak dikenakan biaya, sehingga dapat lebih hemat dalam pengeluaran. Selain itu, media sosial yang satu dan lainnya dapat diintegrasikan kontennya sehingga lebih efisien. 

Berdasarkan uraian di atas, mahasiswa KKN UNDIP mengadakan edukasi terkait penggunaan dan strategi optimasi media sosial sebagai wadah pemasaran yang hemat biaya dan efisen. Sosialisasi ini dilakukan pada UMKM yang ada di Desa Karangbrai Kecamatan Bodeh Kabupaten Pemalang Jawa Tengah.

Program ini dilakukan dengan metode door to door agar dapat memahami permasalahan UMKM dan memberikan materi secara eksklusif. Para pelaku UMKM juga diberikan leaflet atau brosur terkait materi Pemasaran Media Sosial, di mana didalamnya benefit terdapat benefit penggunaannya, karakteristik masing-masing media sosial, strategi optimasinya. 

Selain itu juga diberikan contoh kampanye atau promosi yang dapat dilakukan seperti Giveaway, Diskon Khusus, Kampanye Kesadaran Merek, dan Testimoni Pelanggan. Mahasiswa KKN UNDIP menjelaskan  dan memberikan pemahaman bagaimana mulai dari pengertian hingga pengimplentasian pemasaran dengan media sosial. 

Dibuatnya program ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan mengenai pemasaran menggunakan media sosial, sehingga penjualan dan retensi pelanggan UMKM meningkat. Selain itu, UMKM Desa Karangbrai mampu memanfaatkan media sosial sebagai wadah pemasaran yang hemat biaya dan efisien.

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..