Peduli Kesehatan, Sayangi Lingkungan! Mahasiswa KKN UNDIP Lakukan Penanaman TOGA di Desa Karangasem Pekalongan - Comedy, Indie and Creativity

Senin, 07 Agustus 2023

Peduli Kesehatan, Sayangi Lingkungan! Mahasiswa KKN UNDIP Lakukan Penanaman TOGA di Desa Karangasem Pekalongan

 


Loetju.id - Desa Karangasem, Kecamatan Talun, Kabupaten Pekalongan (29/07/2023) – Pandemi COVID-19 telah memberikan berbagai dampak negatif, terutama bagi kesehatan. Masyarakat perlu untuk tetap waspada dalam meningkatkan imunitas tubuh sebagai upaya pencegahan berbagai penyakit. 

Peningkatan imunitas tubuh dapat dilakukan dengan menerapkan perilaku pola hidup sehat, salah satunya dengan mengonsumsi ramuan herbal yang bisa didapat dengan memanfaatkan tanaman obat keluarga. 

Tanaman Obat Keluarga (TOGA) didefinisikan sebagai tanaman berkhasiat yang ditanam di lahan pekarangan yang dikelola oleh keluarga dan ditanam dalam rangka memenuhi keperluan keluarga akan obat-obatan tradisional yang dapat dibuat sendiri. 

Kurangnya pemahaman masyarakat mengenai jenis-jenis tanaman obat keluarga membuat pemanfaatannya belum maksimal dalam membantu meningkatkan imunitas tubuh.

Mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro, Amelia Octaviani dengan arahan dosen pembimbing lapangan bapak Ocid Mursid, S.T., M.T, telah melaksanakan program kerja berupa sosialisasi pengenalan dan penanaman jenis-jenis tanaman obat keluarga (TOGA) kepada ibu-ibu PKK di Desa Karangasem, Kecamatan Talun, Kabupaten Pekalongan sebagai upaya pelestarian lingkungan dan peningkatkan imunitas tubuh.


Poster Hidup Sehat dengan TOGA


Kegiatan ini dilaksanakan dengan mengadakan sosialisasi mengenai tanaman TOGA,kandungan senyawa dan manfaat tanaman tersebut. Kegiatan diakhiri dengan penanaman TOGA bersama. Jenis tanaman obat keluarga yang dibudidayakan, yaitu kunyit, sirih, dan binahong.

Ibu-Ibu PKK setempat menyambut baik program pengenalan dan penanaman TOGA karena selama ini mereka tidak begitu memahami mengenai jenis-jenis tanaman obat keluarga yang dapat dijadikan obat-obatan tradisional beserta cara budidayanya. 

“Saya baru tau kalau ada banyak tanaman yang bisa dijadikan obat tradisional. Semoga dengan pemberian dan penanaman TOGA ini, kami dapat memanfaatkannya untuk menjaga kesehatan.” tutur Ibu Indah, Ketua PKK Desa Karangasem. 

Melalui program KKN ini, diharapkan masyarakat lebih mengenal jenis-jenis tanaman obat keluarga (TOGA) yang dapat dimanfaatkan untuk menjaga imunitas tubuh.


Penulis: Amelia Octaviani (24020120140139)
Jurusan/Fakultas: Biologi/ Fakultas Sains dan Matematika
DPL: Ocid Mursid, S.T., M.T
Lokasi KKN: Desa Karangasem, Kecamatan Talun, Pekalongan
KKN Tim II Universitas Diponegoro Tahun 2023



Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..