Berbahasa Indonesia Sejak Dini: Penggunaan Kamus Besar Bahasa Indonesia Baik dan Benar - Comedy, Indie and Creativity

Kamis, 15 Februari 2024

Berbahasa Indonesia Sejak Dini: Penggunaan Kamus Besar Bahasa Indonesia Baik dan Benar

 
Edukasi serta menjelaskan materi penggunaan KBBI


Loetju.idMahasiswa KKN TIM 1 2023/2024 Universitas Diponegoro mengadakan sosialisasi dan pelatihan pengunaan Kamus Besar Bahasa Indonesia ( KKBI ) di Desa Moga, Kecamatan Moga, Kabupaten Pemalang pada Rabu, 24 Januari 2024. Kegiatan ini dilaksanakan di sekolah MI Al- Nashiriyah  desa Moga dengan diikuti oleh 22  peserta yang terdiri dari siswa-siswi MI Al- Nashiriyah desa Moga. Pelaksanaan program pembelajaran penggunaan Kamus Besar Bahasa Indonesia mendapat respon yang baik dari siswa-siswi dan siswa-siswi juga antusias untuk lebih mengetahui cara Penggunaan Kamus Besar Bahasa Indonesia.

Pelaksanaan program kerja tersebut bertujuan untuk melatih menggunakan Bahasa Indonesia dengan baik kepada anak sekolah dasar di MI Al- Nashiriyah desa Moga, Kecamatan Moga, Kabupaten Pemalang. Kegiatan sosialisasi dan pelatihan penggunaan Kamus Besar Bahasa Indonesia ini saya adakan untuk memenuhi program kerja KKN kami dengan judul ‘Penggunaan Kamus Besar Bahasa Indonesia dengan baik dan benar’. Di Desa Moga, Pemalang, salah satu perhatian masyarakat terutama murid sekolah dasar adalah masih minimnya penggunaan berbahasa Indonesia dengan baik dan benar serta kurang ilmu pengetahuan kata baku dan tidak baku yang terdapat pada KBBI. Murid-murid MI Al- Nashiriyah kebanyakan masih menggunakan Bahasa daerah.

Program edukasi ini dilakukan dengan pembelajaran interaktif secara langsung, pemaparan materi berupa PPT yang menjelaskan pengertian serta cara menggunakan KBBI. Selain itu, mahasiswa KKN membuatkan booklet yang berisi tentang materi penggunaan Bahasa Indonesia yang di dalamnya tercantum penggunaan Bahasa Indonesia yang Baku  dan tidak baku. 

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan masyarakat terutama murid-murid / anak-anak sejak dini lebih memperhatian terhadap penggunaan Bahasa Indonesia dengan baik dan benar ketika bisa berbicara formal dalam suatu acara dan dapat berbicara dengan sopan dengan menggunakan Bahasa yang baku. 



Editor:
Achmad Munandar

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..