Berkarya Dengan Bebas: Memperkenalkan Karya Sastra Puisi - Comedy, Indie and Creativity

Kamis, 15 Februari 2024

Berkarya Dengan Bebas: Memperkenalkan Karya Sastra Puisi

 
Edukasi serta menjelaskan materi karya sastra puisi


Loetju.idMahasiswa KKN TIM 1 2023/2024 Universitas Diponegoro mengadakan sosialisasi dan memperkenalkan karya fiksi dari karya Sastra Indonesia berupa puisi di Desa Moga, Kecamatan Moga, Kabupaten Pemalang pada Jumat, 26 Januari 2024. Kegiatan ini dilaksanakan di sekolah SMP Islam  desa Moga dengan diikuti oleh 39  peserta yang terdiri dari siswa-siswi SMP Islam desa Moga. Pelaksanaan program pembelajaran pengenalan karya sastra yang merupakan karya fiksi berupa puisi mendapat respon yang baik dari siswa-siswi dan siswa-siswi SMP Islam juga antusias untuk lebih mengetahui cara membuat karya sastra berupa puisi.

Pelaksanaan program kerja tersebut bertujuan untuk melatih kreatifitas, inovatif serta melatih percaya diri untuk membuat sebuah karya, melatih siswa-siswi agar bisa menjadi seorang penyair puisi di SMP Islam desa Moga, Kecamatan Moga, Kabupaten Pemalang. Kegiatan sosialisasi dengan memperkenalkan karya sastra berupa puisi ini saya adakan untuk memenuhi program kerja KKN kami dengan judul ‘Memperkenalkan Karya Sastra Puisi’. Di Desa Moga, Pemalang, salah satu perhatian masyarakat terutama murid sekolah menengah pertama adalah masih minimnya kreatifitas dan kurangnya kepercayaan diri untuk membuat sebuah karya. 

Program edukasi ini dilakukan dengan pembelajaran interaktif secara langsung, pemaparan materi berupa PPT yang menjelaskan pengertian serta cara membuat karya sastra puisi. Selain itu, mahasiswa KKN serta siswa-siswi membuat puisi dengan kreatifitas masing-masing dan setelah itu mahasiswa KKN membuatkan booklet yang berisi berupa materi puisi disertakan karya puisi dari siswa-siswi SMP Islam desa Moga, Pemalang.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan murid-murid SMP lebih kreatif dan percaya diri untuk menjadi seorang penyair seperti penyair-penyair puisi Indonesia yang terkenal seperti Pak Sapardi Djoko  Damono dan Chairil Anwar.



Editor:
Achmad Munandar

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..