Edukasi Penanganan Hipertensi Melalui Makanan di Posyandu Lansia Oleh Mahasiswa KKN Undip - Comedy, Indie and Creativity

Rabu, 07 Februari 2024

Edukasi Penanganan Hipertensi Melalui Makanan di Posyandu Lansia Oleh Mahasiswa KKN Undip

 



Loetju.id Desa Serut, 7 Februari 2024- Di Indonesia, kejadian hipertensi cukup tinggi dan menjadi masalah kesehatan yang signifikan. Hipertensi pada lansia merupakan masalah kesehatan yang umum terjadi karena tekanan darah cenderung meningkat seiring bertambahnya usia. Hipertensi bisa disebabkan oleh berbagai faktor, baik yang bersifat genetik maupun lingkungan, salah satunya gaya hidup tidak sehat. Contoh gaya hidup tidak sehat yaitu pola makan tinggi garam, rendah serat, dan tinggi lemak jenuh, konsumsi alkohol berlebihan, kebiasaan merokok, dan kurangnya aktivitas fisik. 

Hipertensi yang tidak terkontrol dapat memiliki dampak serius pada Kesehatan seperti penyakit jantung, stroke, dan gangguan ginjal. Oleh karena itu, lansia perlu melakukan pemeriksaan tekanan darah secara rutin di posyandu. Selain melakukan pemeriksaan tekanan darah, lansia perlu mengatur jenis dan jumlah makanan yang dikonsumsi. Pada tanggal 10 Januari 2024, mahasiswa KKN bekerja sama dengan Posyandu Nusa Indah II Desa Serut untuk melakukan pemeriksaan tekanan darah tinggi dan edukasi gizi hipertensi pada lansia. Kegiatan ini diikuti sebanyak 20 lansia. 

Kegiatan Posyandu Lansia diawali dengan kegiatan senam. Selanjutnya, lansia akan melakukan pemeriksaan tekanan darah oleh petugas posyandu. Setelah pemeriksaan tekanan darah, mahasiswa KKN akan memberikan edukasi tentang Penanganan Hipertensi Melalui Makanan. Lansia juga diberikan leaflet sebagai pedoman pemilihan bahan makanann yang dianjurkan dan dibatasi pada penderita hipertensi. Melalui kegiatan  edukasi ini, lansia diharapkan dapat melakukan pemeriksaan tekanan darah di posyandu dan menerapkan pengaturan jenis dan jumlah makanan yang dikonsumsi. 



Kreator: 
Noor Naimatul Azkia 


Editor:
Achmad Munandar

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..