Edukasi tentang Diet Diabetes Melitus dan Pemberian Pengganti Gula Pasir untuk Penderita Diabetes Melitus - Comedy, Indie and Creativity

Jumat, 16 Februari 2024

Edukasi tentang Diet Diabetes Melitus dan Pemberian Pengganti Gula Pasir untuk Penderita Diabetes Melitus

 
(Edukasi Mengenai Diet Diabates Melitus 
Melalui Media Poster)


Loetju.id - Desa Dukuh, Kecamatan Sukoharjo, Kabupaten Sukoharjo (15/1/2024) - Nadiya Syifa Ainuzzahra, seorang mahasiswi Gizi Fakultas kedokteran Universitas Diponegoro Semarang, dibantu selurun tim I KKN Universitas Diponegoro 2024 Kelurahan Dukuh melaksanakan edukasi mengenai Diet Diabates Melitus dan rekomendasi menu serta pemberian gula diabetasol sebagai pengganti gula pasir kepada para lansia RW 09 Kelurahan Dukuh pada saat posyandu dilakukan.

Acara edukasi penyuluhan ini ditargerkan kepada para lansia RW 09 Kelurahan dukuh dengan dibantu oleh kader posyandu agar informasi dan edukasi yang disampaikan dapat di diterima dengan bahasa yang mudah dipahami.

Permasalahan dari kurangnya pemahaman akan pentingnya menjaga pola makan untuk penanganan diabetes melitus menjadi salah satu permasalahan yang ada di masyarakat desa dukuh terutama pada saat posyandu lansia masih terdapat banyak warga yang kadar GDS >200 mg/dl. Adapun konsumsi gula pasir pada masyarakat dukuh masih tergolong tinggi terutama pada konsumsi teh yang bisa melebihi dari batas normal perhari. Maka dari itu, perlu diadakan edukasi terkait diet diabetes melitus dan pemberian pengganti gula pasir untuk para penderita diabetes, sehingga para warga diharapkan dapat menjaga pola makan sesuai dengana njuran diet yang telah dianjurkan.

Kegiatan posyandu lansia ini dimulai dengan acara pemeriksaan kesehatan rutin seperti pengecekan glukosa darah, pemeriksaan tekanan darah, pemeriksaan antropometri serta konsultasi oleh bidan. Kemudian diselingi dengan acara edukasi penyulahan terkait diet diabetes melitus yang berisi informasi mengenai pengertian, faktor risiko, cara pencegahannya, tujuan diet, makanan yang dianjurkan dan tidak dianjurkan serta rekomendasi menu sehari untuk penderita diabet.
 
Pemberian Gula Diabetasol 
Sebagai Pengaganti Gula Pasir

Setelah acara sosialisasi telah selesai, acara dilanjutkan dengan pembagian gula diabetasol sebagai pengganti gula pasir untuk para lansia penderita diabetes melitus sebagai anjuran untuk dikonsumsi pada penggunaan sehari-hari. Para lansia serta ibu kader posyandu mengikuti acara penyuluhan ini dengan sangat antusias, Adapun para responden yang menyumbang beberapa pertanyaan seperti “apa efek yang ditimbulkan jika tetap mengonsumsi jajanan manis setiap hari?” dan “bagaimana cara mengatasi jika sering mengalami mual ketika makan?”. Ujar beberapa responden. 

Harapan Tim I KKN Universitas Diponegoro 2024 Kelurahan Dukuh, dengan adanya acara edukasi penyuluhan ini dapat meningkatkan pengetahuan mengenai diet diabetes melitus dan kesadaran kepada masyarakat terutama lansia mengenai pentingnya menjaga pola makan dan menghindari konsumsi gula pasir diluar batas anjuran perhari, dengan inovasi pengganti gula pasir menjadi gula diabetasol yang aman untuk penderita diabetes.



Penulis: 
Nadiya Syifa Ainuzzahra
Gizi/Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro


Editor:
Achmad Munandar

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..