Infografis Kependudukan: Upaya Visualisasi Data untuk Kemajuan Desa Malangsari - Comedy, Indie and Creativity

Jumat, 09 Februari 2024

Infografis Kependudukan: Upaya Visualisasi Data untuk Kemajuan Desa Malangsari

 


Loetju.id - Malangsari, Bulu, Temanggung (5/02/2024) - KKN TIM I Undip menjalankan kegiatan Kuliah Kerja Nyata di Desa Malangsari yang memiliki 1173 penduduk dengan 614 penduduk laki-laki dan 559 penduduk perempuan. Setelah melakukan survei, tidak ditemukan sarana informasi yang kompleks di Balai Desa untuk membantu dalam memvisualisasikan data kependudukan, geografi, piramida penduduk dan pendidikan secara mudah dimengerti. Untuk memudahkan dalam merencanakan berbagai aspek kehidupan masyarakat dan pembangunan suatu wilayah, penulis berinisiatif untuk membuat informasi visual data berupa infografis kependudukan Desa Malangsari.

Infografis tentang kependudukan adalah representasi visual dari berbagai data demografis yang berkaitan dengan populasi suatu daerah atau negara. Tujuan utama infografis ini adalah untuk menyajikan informasi yang kompleks secara intuitif dan menarik, sehingga memudahkan pemahaman tentang karakteristik, tren, dan pola dalam populasi. 

Piramida penduduk adalah sebuah representasi grafis dari distribusi jumlah penduduk dalam suatu wilayah pada berbagai kelompok usia dan jenis kelamin.  Piramida penduduk membantu dalam memahami dinamika populasi, termasuk pertumbuhan penduduk, harapan hidup, dan perubahan demografi. Salah satu fungsi dari adanya piramida penduduk adalah dapat mengetahui jumlah penduduk usia produktif dan penduduk usia non-produktif.

Program pembuatan infografis kependudukan ini dilakukan dengan mengumpulkan data secara sekunder yang diperoleh dari website prodeskel yang berupa data geografis, jumlah penduduk menurut tanggal kelahiran, jenis kelamin, tempat tinggal, dan pendidikan terakhir. Setelah itu, data yang telah didapat langsung diolah menggunakan bantuan Microsoft Excel. 

Setelah dikelompokkan, data tersebut akan disusun dalam bentuk poster yang akan diserahkan ke perangkat desa. Selanjutnya, mahasiswa KKN TIM I UNDIP menyerahkan poster infografis kependudukan ke perangkat desa dengan memberi penjelasan mengenai poster tersebut. Bapak Kepala Desa menyambut baik kehadiran infografis kependudukan ini dan berharap bermanfaat untuk memajukan Desa Malangsari.


Editor:
Achmad Munandar

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..