Inilah yang Dilakukan Mahasiswa Undip untuk Mencegah “The Silent Killer” pada Kelompok Lansia Hipertensi - Comedy, Indie and Creativity

Jumat, 09 Februari 2024

Inilah yang Dilakukan Mahasiswa Undip untuk Mencegah “The Silent Killer” pada Kelompok Lansia Hipertensi

 
Penyampaian materi kepada 
kelompok lansia di Posyandu Melati 3


Loetju.id - Juron, Nguter, Kab. Sukoharjo (27/01/2024), Penyakit yang sering diderita oleh kelompok rentan khususnya lansia adalah hipertensi.  Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah suatu keadaan ketika tekanan darah sistolik >140 mmHg dan diastolik >90 mmHg (>140/90 mmHg). Hipertensi termasuk salah satu Penyakit Tidak Menular yang disebabkan oleh riwayat keluarga, jenis kelamin, kebiasaan merokok, aktivitas fisik, dan kurangnya pengetahuan. Hipertensi juga sering disebut sebagai “The Silent Killer”, karena penyakit tersebut sering muncul tanpa keluhan, tanda, dan gejala yang jelas sehingga penderita tidak menyadari bahwa dirinya mengidap hipertensi dan berakibat timbulnya komplikasi seperti penyakit jantung, stroke, dan lainnya.

Wilayah Desa Juron diketahui didominasi oleh lansia. Kelompok lansia di Desa Juron diketahui sudah rutin mengikuti Posyandu Lansia di setiap dusun dan rutin melakukan pemeriksaan tekanan darah, namun kurangnya pengetahuan terkait pola makan terutama tatalaksana diet hipertensi membuat para lansia di Desa Juron masih banyak yang terkena hipertensi. Oleh karena itu, mahasiswa KKN Undip Tim I 2023/2024 melakukan upaya peningkatan pengetahuan lansia dengan memberikan pendampingan tatalaksana diet hipertensi dengan tujuan untuk menunjang derajat kesehatan lansia. Upaya yang dilakukan dalam menanggulangi masalah hipertensi yang sering terjadi pada lansia adalah dengan melakukan upaya promotif seperti melakukan penyuluhan dan upaya preventif seperti pemeriksaan tekanan darah. Kegiatan penyuluhan dan pemeriksaan kesehatan lansia tersebut dilaksanakan bersamaan dengan kegiatan posyandu lansia di Dusun Banjarsari pada hari Sabtu, 27 Januari 2024. 
 


Kegiatan tersebut diawali dengan pemeriksaan tekanan darah lansia terlebih dahulu, kemudian dilanjutkan dengan penyuluhan terkait dengan apa itu hipertensi, gejala dan tanda, bahaya dan komplikasi, serta makanan yang disarankan untuk penderita hipertensi. Tidak hanya itu, mahasiswa KKN Undip Tim I tahun 2023/2024 juga mengajak para lansia untuk melakukan senam lansia bersama. Kegiatan penyuluhan tersebut ditutup dengan pembagian flyer hipertensi. Selain lansia, kegiatan ini juga melibatkan kader kesehatan di Dusun Banjarsari, serta didampingi oleh bidan Desa Juron. Harapannya dengan adanya kegiatan ini lansia lebih peduli terhadap kesehatannya dan memotivasi mereka untuk rutin melakukan pemeriksaan kesehatan. Dengan rutin melakukan pemeriksaan kesehatan, penyakit dan komplikasi dapat dicegah lebih dini.



Penulis: 
Nasywaa Sayyidina Azzah Burhany 
(Fakultas Kedokteran/Gizi)

Lokasi: 
Desa Juron, Kecamatan Nguter, Kabupaten Sukoharjo

Editor:
Achmad Munandar

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..