Jangan Asal Minum! Mahasiswa KKN Tim 1 Undip Lakukan Edukasi dan Uji Kualitas Air Minum - Comedy, Indie and Creativity

Sabtu, 17 Februari 2024

Jangan Asal Minum! Mahasiswa KKN Tim 1 Undip Lakukan Edukasi dan Uji Kualitas Air Minum

 




Loetju.id - Banyusidi, 22 Januari 2024 - Mahasiswa KKN Tim 1 dari Universitas Diponegoro melakukan edukasi dan uji kualitas air minum yang aman untuk dikonsumsi berdasarkan indikator kimia, yaitu pH. Edukasi ini dilakukan kepada masayarakat Dusun Ngepoh Kidul, Desa Banyusidi, Kecamatan Pakis, Kabupaten Magelang dan dilakukan di rumah kepala Dusun Ngepoh Kidul. Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari program kerja pencarian sumber mata air yang sebelumnya sudah dilakukan di dusun yang sama.

Kurangnya pasokan air, terutama di musim kemarau membuat masyarakat kesusahan dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Mahasiswa KKN Tim 1 Universitas Diponegoro berupaya untuk membantu mencari sumber mata air untuk mempermudah masyarakat dalam memperoleh dan mennggunakan air. Namun, air yang digunakan untuk dikonsumsi sebaiknya merupakan air yang bersih dan aman, baik secara fisik maupun kimia.

Salah satu cara sederhana untuk mengetahui tingkat keamanan air untuk dikonsumsi adalah dengan melakukan uji pH air. Mahasiswa melakukan edukasi mengenai kategori pH air dan pengujian pH terhadap pH air yang ada di rumah kepala dusun. Selain itu, mahasiswa juga memberikan poster dan alat uji pH air kepada setiap masyarakat yang datang di kegiatan ini.

Pemberian edukasi disambut baik oleh masyarakat dan diharapkan ke depannya dapat membuat masyarakat lebih bijak lagi dalam menggunakan dan mengonsumsi air.



Penulis:
Riffa Fakhira
Fakultas Kesehatan Masyarakat

Editor:
Achmad Munandar

#p2kknundip

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..