Lezat, Bergizi dan Praktis! Membuat Nugget Ikan Mudah dan Praktis di Rumah sebagai Upaya Pencegahan Stunting pada Balita - Comedy, Indie and Creativity

Jumat, 09 Februari 2024

Lezat, Bergizi dan Praktis! Membuat Nugget Ikan Mudah dan Praktis di Rumah sebagai Upaya Pencegahan Stunting pada Balita

 


Loetju.id - Kelurahan Desa Beji (21/01/2024), stunting merupakan suatu kondisi yang ditandai dengan kurangnya tinggi badan anak apabila dibandingkan dengan anak-anak seusianya. Singkatnya, stunting merupakan sebutan bagi gangguan pertumbuhan pada anak. Penyebab utama dari stunting adalah kurangnya asupan nutrisi selama masa pertumbuhan anak. Stunting bukan hanya terkait masalah gangguan pertumbuhan fisik, namun juga berdampak pada gangguan perkembangan otak dan kecerdasan. Hal ini merupakan ancaman terhadap kualitas sumber daya manusia di Indonesia.

Terdapat beberapa cara mencegah stunting pada anak diantaranya memenuhi kebutuhan nutrisi sejak hamil, memberi ASI eksklusif selama 6 bulan, mengonsumsi MPASI yang bergizi, memantau tumbuh kembang anak secara konsisten dan memastikan lingkungan sekitar dalam keadaan bersih.

Berdasarkan hasil survei yang dilakukan kepada beberapa rekan posyandu dan bidan desa, stunting merupakan salah satu permasalahan yang masih menjadi pr bagi Desa Beji. Walaupun jika dibandingkan dengan target penurunan angka stunting sudah memasuki angka ideal, namun akan lebih baik jika angka stunting yang ada terus ditekan hingga berada di angka terkecil atau bahkan tidak ada lagi kasus stunting. Hal ini mendorong Mahasiswa KKN TIM I UNDIP untuk melakukan suatu pergerakan berupa pengadaan pelatihan pembuatan nuget ikan yang praktis agar dapat memenuhi asupan makanan bergizi, yang mana termasuk ke dalam upaya pencegahan stunting.

Dalam pembuatan nuget ikan, dapat digunakan beberapa jenis ikan yang dapat digunakan. Namun, disarankan ikan yang digunakan adalah ikan dengan duri besar seperti ikan tuna dan lele. Program pelatihan pembuatan nuget ikan ini memiliki sasaran ibu pkk dan ibu-ibu yang memiliki anak balita. Dengan adanya program ini, diharapkan dapat menjadi solusi bagi para ibu rumah tangga khususnya yang berada di Desa Beji dalam memenuhi asupan makanan bergizi.
  



Editor:
Achmad Munandar

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..