Mahasiswa KKN 1 UNDIP Digitalisasi Balai Desa Dengan Pembuatan Izin Usaha dan NPWP secara Online - Comedy, Indie and Creativity

Rabu, 14 Februari 2024

Mahasiswa KKN 1 UNDIP Digitalisasi Balai Desa Dengan Pembuatan Izin Usaha dan NPWP secara Online




Loetju.id - Mahasiswa KKN (Kuliah Kerja Nyata ) Tim 1 Universitas Diponegoro yang terdapat di Desa Tanjungrejo. Saya  digitalisasi balai desa dengan pembuatan izin usaha secara online. Berdasarkan pengamatan warga sekitar Desa Tanjungrejo belum memahami terkait pentingnya memiliki izin usaha dan di balai desa masih mengarahkan warga untuk mengurus secara offline bila ada keperluan untuk membuata izin usaha sehingga dapat memakan waktu yang cukup lama bila warga memerlukannya dengan cepat. 


Perlunya edukasi kepada masyarakat mengenai izin usaha dan NPWP, serta perlu mempersiapkan perangkat desa bila ada Masyarakat yang memerlukan pelayanan pembuatan izin usaha. Kegiatan ini dilaksanakan di Balai Desa Tanjungrejo dan beberapa tempat UMKM sekitar. 


Setelah dilakukan edukasi dan pelatihan kepada perangkat desa, diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran masyarakat akan izin usaha dan NPWPperangkat desa dapat memberikan pelayanan yang lebih baik dan cepat bila ada masyarakat yang membutuhkan.

Ketercapaian dalam program ini yaitu perangkat desa dapat membuat izin usaha dan NPWP  secara online dan beberapa UMKM membuat izin usaha. Hambatan dalam pelaksanaan yaitu takutnya akan pajak yang dikenakan dan masyarakat masih merasa belum perlu memiliki izin usaha.




Editor:
Achmad Munandar

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..