Mahasiswa KKN Melakukan Kegiatan Lomba Cipta dan Baca Puisi pada SDN 01 Desa Mandiraja - Comedy, Indie and Creativity

Rabu, 14 Februari 2024

Mahasiswa KKN Melakukan Kegiatan Lomba Cipta dan Baca Puisi pada SDN 01 Desa Mandiraja

Foto bersama dengan Juara Lomba Cipta dan Baca Puisi 
(Sumber: Dok. Pribadi)

Loetju.id - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Diponegoro (Undip) Tahun 2024 memberikan pembelajaran serta mengadakan lomba cipta dan baca puisi di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 01 Mandiraja, Kecamatan Moga, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah.
KKN adalah program kuliah berupa pengabdian kepada masyarakat daerah tertentu oleh mahasiswa dengan pendekatan bidang dan keilmuan yang berbeda. Mahasiswa yang diturunkan pada satu daerah lazimnya berkisar antara 7 hingga 10 orang. Pengabdian yang diberikan dapat berupa ilmu yang telah diterima mahasiswa dari semester 1 hingga semester 7.

“Rencana program ini sudah saya pikirkan dan finalisasi dari sebelum diterjunkannya saya ke Desa Mandiraja sebagai partisipan KKN,” ujar Fadhil.

Adanya tanggung jawab untuk memberikan manfaat yang nyata bagi masyarakat membuat Achmad Fadhil, mahasiswa Program Studi (Prodi) Sastra Indonesia Undip melak
ukan survei ke tiap Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Desa Mandiraja, untuk meminta izin sekaligus menilik situasi yang terjadi pada masing-masing sekolah.

Pojok baca merupakan program pemerintah yang telah dipraktikkan pada beberapa SD yang ada di Desa Mandiraja. Adanya pojok baca diharapkan mampu meningkatkan literasi, kreativitas, dan imajinasi para siswa. 

Akan tetapi ada SD yang belum menempatkan dan menyediakan ruang untuk pojok baca, salah satunya yaitu SDN 01 Mandiraja. Berdasarkan faktor tersebut, akhirnya Fadhil memilih SDN 01 Mandiraja sebagai tempat pelaksanaan proker Pembelajaran dan Lomba Cipta serta Baca Puisi.

“Selain karena tidak adanya pojok baca yang tersedia, saya memilih SDN 01 Mandiraja sebagai tempat untuk melaksanakan proker karena tingginya antusiasme para siswa," ujar Fadhil.

Kegiatan pembelajaran diawali dengan pemaparan materi singkat mengenai karya sastra puisi kepada siswa-siswi kelas 4 dan 5 SDN 01 Mandiraja, pada Rabu (17/1).

Materi yang disampaikan berupa perkenalan kepada siswa-siswi mengenai apa itu puisi, jenis puisi seperti puisi pendek, puisi berirama, dan puisi bebas, serta pemahaman keindahan kata-kata. Diberikan juga beberapa contoh puisi yang dapat menjadi referensi bagi siswa-siswi dalam melakukan aktivitas latihan membuat puisi.

Setelah berlangsungnya kegiatan penyampaian materi usai, pada Kamis (25/1) mahasiswa KKN Undip melaksanakan lomba cipta dan baca puisi guna melihat apakah siswa-siswi dapat memahami dan mengaplikasikan pemaparan materi yang diberikan sebelumnya.

"Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan bakat siswa-siswi SDN 01 Mandiraja dalam bidang seni dan sastra, terkhususnya cipta dan baca puisi. Selain itu, diharapkan dapat mendorong siswa-siswi agar mampu mengekspresikan diri melalui kreasi dan tulisan puisi,” jelas Fadhil selaku penyelenggara lomba.

Kegiatan diakhiri dengan penentuan juara 1, 2, dan 3 pada lomba cipta dan baca puisi serta foto bersama. Rangkaian kegiatan ditutup dengan pembacaan doa secara serentak. Mahasiswa berharap agar program Pembelajaran serta Lomba Cipta dan Baca Puisi ini mampu menonjolkan bakat yang tertanam pada siswa-siswi Sekolah Dasar Negeri 01 Mandiraja.




Penulis: 
Achmad Fadhil
Fakultas Ilmu Budaya

Editor:
Achmad Munandar

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..