Mahasiswa KKN TIM 1 UNDIP 2024 Melaksanakan Inovasi Program Kerja Multidisiplin Baru Berupa “Pengkol Festival” dan “Bazar UMKM” di Desa Pengkol, Nguter - Comedy, Indie and Creativity

Kamis, 08 Februari 2024

Mahasiswa KKN TIM 1 UNDIP 2024 Melaksanakan Inovasi Program Kerja Multidisiplin Baru Berupa “Pengkol Festival” dan “Bazar UMKM” di Desa Pengkol, Nguter



Loetju.id - Desa Pengkol, Kecamatan Nguter, Kabupaten Sukoharjo, 4 Februari 2024 – Sebagai realisasi program kerja Multidisiplin serta demi terwujudnya pengembangan UMKM dan Desa Wisata, Mahasiswa KKN Tim 1 Undip di Desa Pengkol, Kec. Nguter, Kab. Sukoharjo mengadakan Pagelaran Akbar "Pengkol Festival" dan "Bazar UMKM"

Kegiatan ini bertujuan untuk mendampingan warga Desa Pengkol untuk senantiasa melakukan upaya optimalisasi pengembangan UMKM dalam mewujudkan warga Desa Pengkol yang berdaya. Serta senantiasa melakukan percepatan perwujudan Desa Wisata Pengkol melalui penyelenggaraan acara “Pengkol Festival” di Pendopo Balai Desa Pengkol, Nguter. 

Pengkol Festival dihadiri oleh setidaknya 400 (empat ratus) lebih peserta yang terdiri dari warga Desa Pengkol maupun pendatang dari Desa lain, mereka hadir untuk berpartisipasi di Jalan Sehat, Senam Pagi, Lomba Fashion Show Anak, Pembagian Hadiah Doorprize, serta Berbelanja di Bazar UMKM Desa Pengkol.

 
Acara dimulai pada pukul 06.30 WIB dengan apel serta sambutan dari Kepala Desa Pengkol (Bapak Sugiyo) dan Dosen Pembimbing Lapangan Kecamatan Nguter (Bapak Ir. Daud Samsudewa, S.PT., M.SI., PH.D., IPM.), kemudian pada pukul 07.00 WIB dilanjutkan dengan Jalan Sehat mengelilingi Desa Pengkol, sesampainya di Balai Desa pada pukul 07.30 WIB dilanjutkan dengan aktivitas Senam Pagi, kemudian pada pukul 08.00 WIB pembagian Doorprize tahap satu dimulai dengan juara utama mendapatkan hadiah Kompor. 

Acara berlangsung sangat ramai hingga panitia harus mencetak kupon doorprize tambahan karena peserta melebihi dari ekspektasi. Lomba Fashion Show anak pun dimulai sekitar pukul 09.00 WIB dengan dua kategori – Kategori I (Anak umur 10 – 15 tahun) dan Kategori II (Anak umur 4 – 9 tahun) dengan total Peserta mencapai 27 Partisipasi dari dalam maupun luar Desa Pengkol. Fashion Show berlangsung meriah diiringi dengan musik yang ciamik. 

Seusai Fashion Show, sembari menunggu rekapitulasi nilai dan pengumuman juara, acara diisi dengan persembahan hanuman obong para penonton berjeritan kegirangan melihat atraksi dari hanuman obong yang mana isinya merupakan Ketua Kelompok Sadar Wisata Prabaswara (POKDARWIS) Mas Nur Mu’minin.


Bazar UMKM berjalan sangat ramai, pedagang didominasi dengan UMKM Desa Pengkol terutama ibu – ibu PKK dan Kelompok Wanita Tani (KWT) yang berjualan hasil panen pertaniannya. Pedagang kaki lima lain pun berdatangan bukan hanya dari Desa Pengkol saja, melainkan pendatang dari Tawang Sari, Selogiri, dan Sukoharjo. Sekitar 30 (tiga puluh) tenant serta gerobak kaki lima meramaikan halaman Balai Desa Pengkol, beberapa pedagang bercerita bahwasannya omset yang didapatkan sangat besar, beberapa pedagang lain ada yang pulang lebih dulu dikarenakan dagangannya sudah habis.

Acara masih berlanjut dengan pembacaan pemenang Doorprize tahap kedua, dengan hadiah utama Kipas Angin. Terdapat sekitar 60 (enam puluh) hadiah Doorpeize yang bisa dimenangkan di Pengkol Festival 2024. Waktu pengumuman Juara Lomba Fashion Show Anak pun tiba, para pemenang dihadiahi Piala Juara umum, Plakat Kayu dari Loetju.id, Tas Ransel, Alat Tulis, Snack, dan Mainan.

Diakhir acara ditutup dengan penyerahan Plakat secara simbolik oleh Koordinator KKN Desa Pengkol (Farah Oktoviana) kepada Kepala Desa Pengkol (Bapak Sugiyo). Harapan kami semoga dikemudian hari Pengkol Festival dan Bazar UMKM bisa terus dilaksanakan di Desa Pengkol.



Penulis:
Muhammad Bedy Abdat

Editor:
Achmad Munandar

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..