Mahasiswa KKN TIM I Undip Sukses Membuat Inovasi Pelayanan Masyarakat Berbasis Barcode di Desa Bulakan - Comedy, Indie and Creativity

Jumat, 16 Februari 2024

Mahasiswa KKN TIM I Undip Sukses Membuat Inovasi Pelayanan Masyarakat Berbasis Barcode di Desa Bulakan

 




Loetju.idBulakan, 3 Februari 2024 ‒ Tim I KKN Undip yang berlokasi di Desa Bulakan, Kecamatan Belik, Kabupaten Pemalang baru-baru ini membuat gebrakan baru. Terbaru, tepatnya pada Sabtu (3/2/2024) lalu, mereka memperkenalkan sebuah terobosan baru di bidang digitalisasi. Dalam hal ini, mereka berupaya membuat sebuah sistem pelayanan administrasi masyarakat yang dapat diakses dengan menggunakan pindai kode barcode.

Salah satu dari pencetus ide ini, Muhammad Nashiruddin Albani, mengungkapkan, “Program ini kami buat agar masyarakat dapat mengakses layanan administrasi secara lebih fleksibel dan simpel”. Senada dengan apa yang disampaikan Albani, tentu dengan adanya inovasi semacam ini, masyarakat akan sangat terbantu, khususnya ketika mereka hendak mengurus berkas administrasi di desa.

Dalam melakukan gebrakan ini, mereka juga membuat pelayanan semudah mungkin, sehingga masyarakat dapat mengaplikasikannya dengan mudah. Di mana masyarakat hanya perlu melakukan pemindaian barcode yang sudah mereka letakkan di beberapa titik strategis seperti sekolah, balaidesa, dan poskamling. Setelah itu, masyarakat akan diarahkan ke sebuah tampilan yang berisi beberapa opsi layanan yang dapat dipilih, seperti Surat Keterangan Usaha, Surat Keterangan Domisili, Surat Pengantar KTP, hingga Surat Pengantar SKCK.

Meskipun begitu, mereka menuturkan bahwa masih hendak menyempurnakan program ini. Hal tersebut dikarenakan program ini masih cenderung kurang praktis. Di mana masyarakat harus mendownload dan mencetak file terlebih dahulu untuk kemudian membawanya ke Balaidesa untuk ditandatangani Kepala Desa. Kedepannya, mereka berharap dapat mengembangkan program ini agar lebih sempurna dengan berbasis NIK warga. Dengan begitu, semua akan menjadi lebih praktis dan mudah. Untuk itu, mereka berupaya bekerja sama dengan Tim IT Desa Bulakan untuk dapat menyempurnakan terobosan ini kedepannya.




Penulis:
Muhammad Nashiruddin Albani
Manajemen dan Administrasi Logistik

Dosen Pembimbing:
Fajrul Falah, S.Hum., M.Hum.

Editor:
Achmad Munandar

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..