Mahasiswa KKN TIM I Universitas Diponegoro Desa Legoksari Melakukan Edukasi dan Screening Hipertensi Pada Lansia di Desa Legoksari, Kecamatan Tlogomulyo, Kabupaten Temanggung - Comedy, Indie and Creativity

Kamis, 15 Februari 2024

Mahasiswa KKN TIM I Universitas Diponegoro Desa Legoksari Melakukan Edukasi dan Screening Hipertensi Pada Lansia di Desa Legoksari, Kecamatan Tlogomulyo, Kabupaten Temanggung




Loetju.idDesa Legoksari merupakan Desa yang terletak di Kecamatan Tlogomulyo, Kabupaten Temanggung. Berdasarkan wawancara yang dilakukan bersama Bidan Desa Legoksari, mayoritas penduduk lanjut usia di Desa Legoksari mengalami hipertensi. Oleh karena itu, salah satu mahasiswa KKN dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro mengadakan program kerja berupa edukasi dan screening dan terkait hipertensi pada lansia.

Program ini dapat dikatakan sebagai langkah untuk mencegah penyakit hipertensi yang masih tinggi, terutama di kalangan lansia. Program ini dilaksanakan oleh mahasiswa KKN dari Kesehatan Masyarakat pada Senin, 29 Januari 2024 di Balai Desa Legoksari dengan sasaran penduduk lanjut usia Dusun Lamuk Legok, Desa Legoksari.
 

Kegiatan diawali dengan pengisian daftar absen oleh lansia, pengukuran tekanan darah, dan senam lansia. Selanjutnya dilakukan edukasi melalui pemaparan dan sesi tanya jawab oleh mahasiswa. Kegiatan juga didukung dengan pemaparan powerpoint dan pemberian poster. Materi yang dipaparkan dalam ppt yaitu terkait dengan definisi, faktor risiko, gejala, dan pencegahan hipertensi. 

Dengan adanya program ini, diharapkan dapat menambah pengetahuan baru kepada masyarakat terkait pentingnya pencegahan hipertensi sehingga masyarakat dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari seperti mengatur pola makan yang sehat, beraktivitas fisik, tidur berkualitas, dan cek kesehatan secara rutin secara mandiri atau di fasyankes. 



Editor:
Achmad Munandar

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..