Mahasiswa KKN Undip Melakukan Kegiatan Sosialisasi Menabung Kepada Siswa SDN 02 Plakaran - Comedy, Indie and Creativity

Senin, 12 Februari 2024

Mahasiswa KKN Undip Melakukan Kegiatan Sosialisasi Menabung Kepada Siswa SDN 02 Plakaran

 


Loetju.idDesa Plakaran, Kec. Moga, Kab. Pemalang (08/02/2024) – Berdasarkan hasil survey yang telah dilakukan oleh salah satu mahasiswa KKN Undip di Desa Plakaran, khususnya Dusun Limbangan, terdapat masih banyak anak-anak yang belum paham terkait dengan esensi dari menabung. Oleh karena itu, kegiatan sosialisasi dilakukan sebagai salah satu program kerja keilmuan dari kegiatan KKN Undip 2024.

Kegiatan sosialisasi dilakukan di kelas 5 SDN 02 Plakaran, dengan cara menampilkan PowerPoint dan menjelaskan materi. Selama kegiatan berlangsung, para siswa terlihat antusias mengikuti kegiatan sosialisasi yang ditunjukkan dengan bagaimana mereka menceritakan pengalaman menabung.

Tujuan dari sosialisasi ini sendiri memberikan kesadaran sejak dini terhadap anak-anak terkait pengelolaan uang yang baik. Kemudian diberikan juga pemahaman terkait keinginan dan kebutuhan. Siswa SD diharapkan dapat lebih bijak dalam mengeluarkan uang, seperti meminimalisir pengeluaran untuk jajan makanan yang tidak terlalu diperlukan. Kemudian pemateri juga memberikan tips-tips dalam menabung, seperti konsisten dan tidak mengambil uang yang sudah ditabung.

Setelah materi diberikan, para siswa diberikan kuis interaktif berhadiah celengan. Celengan ini dicustome sehingga memiliki tabel yang dapat menulis nominal dan target yang ingin dicapai sehingga mempermudah siswa untuk menabung. Dalam sesi kuis tersebut, para siswa antusias dalam menjawab pertanyaan yang diberikan. Mahasiswa Undip yang memberikan materi tersebut juga berpesan untuk melakukan menabung setelah celengan tersebut diberikan, dan tetap konsisten dalam kegiatan menabung tersebut.



Editor:
Achmad Munandar

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..