Mahasiswa KKN Undip Membuat Pojok Literasi di Peprustakaan SDN 01 Desa Gendoang - Comedy, Indie and Creativity

Rabu, 14 Februari 2024

Mahasiswa KKN Undip Membuat Pojok Literasi di Peprustakaan SDN 01 Desa Gendoang




Loetju.id - Mahasiswa KKN Undip Tim I 2023/2024 di Desa Gendoang Kecamatan Moga, Kabupaten Pemalang, telah membuat pojok literasi untuk perpustakaan SDN 01 Desa Gendoang beberapa waktu lalu. Pojok literasi adalah sebuah tempat yang terletak di sudut ruangan yang dilengkapi dengan koleksi buku, dan berfungsi untuk menjadi sarana yang efektif untuk memberikan akses kepada pengguna perpustakaan dalam membaca buku dan sebagai upaya meningkatkan minat baca.

Program ini dilaksanakan untuk meningkatkan minat baca siswa-siswa SDN 01 Gendoang dimana siswa-siswi disini memiliki minat baca yang rendah. Selain itu Ibu Susi, selaku kepala perpustakaan sekolah, kepala sekolah, dan beberapa guru serta staff lainnya ikut turut menyambut ramah dan mendukung kegiatan program pembuatan pojok literasi ini. Hal ini dikarenakan program ini sangat membantu dan memudahkan pihak sekolah dalam mengasah dan menarik minat baca siswa-siswi.
 

Pojok literasi ini sendiri dapat dikatakan fasilitas yang berpeluang besar dalam menarik minat baca siswa-siswi karena, pojok literasi dibuat semenarik mungkin dimata anak sekolah. Contohnya dalam pojok literasi ini dijajarkan buku-buku cerita anak yang penuh dengan gambar yang dimana anak-anak sangat menyukai gambar karena visual yang mernarik. Selain buku cerita bergambar untuk anak-anak, ada juga bahan bacaan lain untuk anak remaja yaitu, komik (manga) dari jepang yang sudah diterjemahkan ke Bahasa Indonesia, dimana anak remaja bahkan dikalangan orang dewasa mayoritas cukup tertarik pada bahan bacaan satu ini. Selain komik, ada juga majalah yang cocok untuk dibaca dalam waktu singkat.

Selain adanya bahan bacaan yang menarik, komponen lain seperti banner selamat datang, karpet bergambar untuk anak-anak, dan meja. Beberapa barang tersebut membuat pojok literasi semakin menarik dan nyaman untuk dikunjungi murid.
 

Dengan dibuatkannya pojok literasi ini, diharapkannya agar siswa-siswi SDN 01 Gendoang menjadi lebih sering berkunjung ke perpustakaan dan memanfaatkan pojok literasi ini untuk meningkatkan minat baca dan menggali ilmu sedalam mungkin untuk menanamkan literasi pada generasi muda dan menjadi manusia yang berkualitas kedepannya.




Editor:
Achmad Munandar

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..