Mahasiswa KKN Undip Tim I 2013/2024 Melakukan Edukasi dan Sosialisasi Menabung di SD dan Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah (MIM) Di Desa Juron: Membangun Kebiasaan Mengelola Keuangan Mulai Dini - Comedy, Indie and Creativity

Jumat, 09 Februari 2024

Mahasiswa KKN Undip Tim I 2013/2024 Melakukan Edukasi dan Sosialisasi Menabung di SD dan Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah (MIM) Di Desa Juron: Membangun Kebiasaan Mengelola Keuangan Mulai Dini

 
Penyampaian Materi di SD Negeri Juron


Loetju.id - Sukoharjo (19/Januari/2024) Di tengah tuntutan zaman yang semakin kompleks, pendidikan finansial menjadi salah satu keterampilan yang sangat penting untuk ditanamkan sejak dini. Untuk membantu membentuk kebiasaan menabung dan mengelola keuangan sejak usia dini, sekolah dasar (SD) dan Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah (MIM) menjadi arena yang sangat potensial. Melalui program edukasi dan sosialisasi literasi keuangan di SD dan Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah (MIM), dapat membantu anak-anak memahami pentingnya menabung, mengelola uang dengan bijak, dan mempersiapkan masa depan keuangan mereka.

Kegiatan melaksanakan program kerja berupa pembelajaran kepada anak-anak Sekolah Dasar (SD) dan Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah (MIM) di Desa Juron, Kecamatan Nguter, Kabupaten Sukoharjo. Progam ini pada hari Jumat, 19 Januari 2024. Program kegiatan ini dilaksanakan di minggu ke-3 kegiatan KKN.

Penyampaian Materi di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah (MIM)

Terkait hal ini adalah SD Negeri Juron dan dan Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah (MIM), yang terletak di kawasan perdesaan. Dalam upaya meningkatkan literasi keuangan siswa-siswinya, sekolah ini telah meluncurkan program edukasi menabung yang menyeluruh. Melalui program ini, para siswa tidak hanya diberikan pengetahuan tentang pentingnya menabung, tetapi juga pengetahuan tentang perbedaan kebutuhan dan keinginan agar mengelola keuangan dengan baik. 

Luaran berupa pembagian pamflet setiap anak, poster di mading sekolah, dan pemberian doorprize celengan target.

Poster Literasi Keuangan



Penulis: 
Lusi Septriyanti 
(Fakultas Ekonomika dan Bisnis)

Lokasi: 
Desa Juron, Kecamatan Nguter, Kabupaten Sukoharjo

Editor:
Achmad Munandar

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..