Mahasiswa KKN Universitas Diponegoro Melakukan Edukasi Isi Piringku dan Praktik Pemberian MPASI di Posyandu Nusa Indah II Desa Serut, Kecamatan Nguter, Kabupaten Sukoharjo - Comedy, Indie and Creativity

Rabu, 07 Februari 2024

Mahasiswa KKN Universitas Diponegoro Melakukan Edukasi Isi Piringku dan Praktik Pemberian MPASI di Posyandu Nusa Indah II Desa Serut, Kecamatan Nguter, Kabupaten Sukoharjo

 


Loetju.id Desa Serut, 7 Februari 2024- Pada usia 6 bulan, bayi mulai diberikan Makanan Pendamping ASI (MPASI). MPASI merupakan makanan yang dapat memenuhi kebutuhan gizi terutama zat gizi mikro sehingga bayi dan anak dapat tumbuh kembang dengan optimal. Strategi pemberian MPASI yaitu tepat waktu, adekuat, aman dan higienis, serta diberikan secara responsif. Dalam pemberian MPASI harus memperhatikan tekstur dan jumlah konsumsi yag disesuaikan dengan usia bayi. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia memberikan rekomendasi isi piringku agar masyarakat dapat mengikutinya. 

Pemberian Makanan Pendamping ASI (MPASI) memengaruhi proses tumbuh kembang bayi. Tumbuh kembang bayi akan mempengaruhi terjadinya stunting pada anak. Stunting adalah kondisi ketika balita memiliki tinggi badan dibawah rata-rata. Hal ini diakibatkan asupan gizi yang diberikan, dalam waktu yang panjang, tidak sesuai dengan kebutuhan. Stunting berpotensi memperlambat perkembangan otak, dengan dampak jangka panjang berupa keterbelakangan mental, rendahnya kemampuan belajar, dan risiko serangan penyakit kronis seperti diabetes, hipertensi, hingga obesitas.

Oleh karena itu, mahasiswa KKN mengajak ibu bayi balita di Posyandu Nusa Indah Desa Serut untuk berpartisipasi dalam kegiatan “Edukasi Isi Piringku dan Praktik Pemberian MPASI”. Kegiatan Edukasi ini menjelaskan tentang, strategi MPASI, hal-hal yang diperhatikan dalam pembuatan MPASI, dan tips saat anak usah makan. Setelah pelaksanaan kegiatan ini, ibu bayi balita diharapkan dapat menerapkan praktik pemberian MPASI yang tepat dan sesuai dengan isi piringku. 
 


Kreator: 
Noor Naimatul Azkia


Editor:
Achmad Munandar

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..