Mahasiswa KKN Universitas Diponegoro Berinovasi Mengangkat Desa Melalui Website dan Marketplace - Comedy, Indie and Creativity

Jumat, 16 Februari 2024

Mahasiswa KKN Universitas Diponegoro Berinovasi Mengangkat Desa Melalui Website dan Marketplace




Loetju.idMahasiswa Universitas Diponegoro yang tergabung dalam program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tim 1 Tahun 2024 Diponegoro telah berhasil meluncurkan program kerja inovasi berupa pembuatan website dan pembukaan toko online pada marketplace yang bertujuan untuk melestarikan dan mengembangkan pemasaran produk-produk unggulan lokal tepatnya di Desa Bansari, Kecamatan Bulu, Kabupaten Temanggung.
 
Dengan banyaknya potensi desa mulai dari hasil pertanian hingga kesenian, mahasiswa KKN dari berbagai jurusan bekerja sama dengan perangkat Desa Bansari dan warga setempat untuk mengidentifikasi kebutuhan yang diperlukan guna mengembangkan pemasaran produk-produk unggulan khas Desa Bansari. Produk-produk unggulan tersebut yaitu lembutan, intil, dan kerajinan kuda lumping.
 
Program kerja ini diawali dengan survei dan pendataan produk unggulan Desa Bansari. Selanjutnya, dilakukan dokumentasi produk untuk ditampilkan di dalam website dan marketplace. Proses pembuatan website melibatkan berbagai tahapan, mulai dari perencanaan, desain hingga pengembangan konten serta peluncuran. 

Mahasiswa KKN memastikan bahwa website tersebut dirancang dengan baik dan mudah diakses oleh masyarakat. Selanjutnya, pembuatan toko online di marketplace dilakukan melalui tahap input data penjual, dokumentasi dan informasi produk, hingga menyesuaikan teknis pengiriman. Sebagai langkah akhir, Mahasiswa KKN melakukan penyuluhan dan memberikan edukasi terkait teknis pengoperasian toko online kepada pihak petani dan seniman lokal.

 
Website yang dibangun oleh mahasiswa KKN tidak hanya berfungsi sebagai platform untuk mempromosikan produk unggulan Desa Bansari, tetapi juga sebagai sarana pengenalan umum Desa Bansari dari aspek geografis dan demografis. Selain itu, pembuatan toko online pada marketplace Tokopedia memungkinkan para petani dan seniman lokal untuk memasarkan produk-produk mereka secara online dan menghubungkan mereka langsung dengan konsumen sehingga memberikan peluang baru bagi mereka untuk mengembangkan bisnis di pasar yang lebih luas.
 
Reaksi dari warga setempat terhadap peluncuran website dan marketplace ini sangat positif dengan adanya apresiasi terhadap upaya mahasiswa dalam menyediakan platform yang berguna dan bermanfaat bagi warga. Warga desa berharap bahwa pembuatan website dan marketplace ini dapat mempromosikan Desa Bansari beserta produk-produk unggulannya secara lebih luas pada masyarakat umum.
 
Dengan demikian, melalui kolaborasi antara mahasiswa, masyarakat, dan Pemerintah Desa Bansari, pelaksanaan program kerja inovasi ini diharapkan dapat membantu membangun citra positif Desa Bansari dan mengenalkan serta mempromosikan produk-produk unggulannya. Langkah-langkah ini juga menggarisbawahi peran penting program KKN dalam menghadirkan solusi inovatif untuk tantangan lokal yang nyata.




Penulis:
KKN TIM 1 2024 Universitas Dipinegoro

Editor:
Achmad Munandar

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..