Mahasiswa Manajemen Undip Memperkenalkan Pentingnya Gerakan Gemar Menabung Sejak Dini Melalui Aktivitas Kreatif Membuat Celengan - Comedy, Indie and Creativity

Kamis, 15 Februari 2024

Mahasiswa Manajemen Undip Memperkenalkan Pentingnya Gerakan Gemar Menabung Sejak Dini Melalui Aktivitas Kreatif Membuat Celengan

 



Loetju.idAktivitas menabung dapat membantu seseorang untuk menjadi lebih mandiri secara finansial. Dengan memiliki tabungan, seseorang dapat lebih siap menghadapi keadaan darurat, mengelola keuangan dengan lebih baik, dan mencapai tujuan-tujuan keuangan jangka pendek maupun jangka panjang. Gerakan Gemar Menabung adalah upaya untuk memperkenalkan dan membiasakan anak-anak dengan konsep menabung sejak usia dini. Tujuan utamanya adalah membentuk kebiasaan positif dalam mengelola keuangan sejak usia muda.

Mahasiswa Tim I KKN UNDIP telah melaksanakan program monodisiplin di Kabupaten Klaten tepatnya di Kecamatan Bayat, Desa Banyuripan pada tanggal 25 Januari 2024. Tim I KKN UNDIP Desa Banyuripan ini memiliki program kerja memperkenalkan kepada siswa-siswi SDN 2 Desa Banyuripan tentang gerakan gemar menabung sejak dini. Setelah dilakukan survei pada minggu pertama kegiatan KKN, ternyata masih banyak siswa-siswi yang belum memahami konsep menabung dengan baik.

Awalnya program monodisiplin ini dilakukan dengan berkoordinasi dengan pihak sekolah SDN 2 Desa Banyuripan untuk mengumpulkan siswa-siswi di dalam satu kelas. Kemudian, program dilanjutkan dengan memaparkan materi melalui presentasi powerpoint kepada siswa-siswi. Diadakan juga kuis singkat diantara pemaparan materi untuk menguji pemahaman siswa-siswi mengenai materi yang telah diberikan. Setelah itu, dilakukan aktivitas kreatif berupa pembuatan celengan dari botol plastik bekas yang diharapkan mampu menumbuhkan minat menabung anak-anak sekaligus mengajarkan pentingnya mengolah sampah menjadi barang layak pakai yang menarik. Terakhir, dilakukan pemberian output kegiatan berupa poster ajakan menabung kepada Kepala Sekolah SDN 2 Desa Banyuripan.

Harapan dari dilaksanakannya program monodisiplin pengenalan gerakan gemar menabung ini adalah untuk memberikan pemahaman kepada siswa tentang konsep dasar pengelolaan keuangan, seperti membuat anggaran, mengatur tabungan, dan membedakan antara kebutuhan dan keinginan. Selain itu melalui kegiatan menabung dan pembuatan celengan pribadi, siswa merasa memiliki tanggung jawab terhadap uang mereka sendiri. Hal ini dapat memberikan rasa percaya diri dan mandiri dalam mengelola keuangan mereka sendiri di masa depan. 



Penulis: 
Ghiffari Bimantoro Putra 
(Manajemen/FEB Undip)

Lokasi: 
Desa Banyuripan
Kecamatan Bayat, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah

Editor:
Achmad Munandar

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..