Mahasiswa Tim 1 KKN Undip Sukses Membantu Aktivasi Identitas Kependudukan Digital di Desa Malangsari - Comedy, Indie and Creativity

Selasa, 13 Februari 2024

Mahasiswa Tim 1 KKN Undip Sukses Membantu Aktivasi Identitas Kependudukan Digital di Desa Malangsari

 


Loetju.idMahasiswa KKN Tim 1 dari Universitas Diponegoro (Undip) telah berhasil menyelesaikan target aktivasi Identitas Kependudukan Digital (IKD) yang ditugaskan oleh Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) di Desa Malangsari. Dalam waktu kurang lebih 8 hari kerja, mereka berhasil membantu 158 warga Desa Malangsari untuk melakukan aktivasi IKD.

Metode yang digunakan oleh tim ini adalah dengan mengumpulkan data warga di setiap dusunnya dan mengelompokan warga per-RT, yang kemudian dilanjutkan dengan memberikan undangan langsung kepada warga untuk datang sesuai jadwal yang telah ditetapkan hingga mengunjungi rumah warga secara door to door agar cakupan warga tercapai secara menyeluruh. Dalam melakukan program aktivasi IKD, mahasiswa juga dibantu oleh perangkat desa yang turut berperan dalam membantu setiap proses yang dilewati. 

Meskipun sering mengalami kendala jaringan yang menghambat proses aktivasi, semangat dan dedikasi tim mahasiswa tersebut tidak kendur. Mereka tetap fokus dan berhasil mencapai target yang telah ditetapkan.

Keberhasilan ini menjadi contoh nyata dari kolaborasi antara mahasiswa, perangkat desa, dan masyarakat dalam meningkatkan akses terhadap teknologi dan layanan publik. Diharapkan bahwa pencapaian ini dapat memberikan dampak positif bagi penggunaan aplikasi digital di wilayah pedesaan serta meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya Identitas Kependudukan Digital.




Editor:
Achmad Munandar

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..