Manfaatkan Sampah Plastik untuk Pembuatan Furnitur, Mahasiswa KKN Tim 1 UNDIP Lakukan Praktik Pembuatan Ecobrick Bersama Masyarakat Dusun Dayugo, Desa Banyusidi - Comedy, Indie and Creativity

Sabtu, 17 Februari 2024

Manfaatkan Sampah Plastik untuk Pembuatan Furnitur, Mahasiswa KKN Tim 1 UNDIP Lakukan Praktik Pembuatan Ecobrick Bersama Masyarakat Dusun Dayugo, Desa Banyusidi

 


Loetju.id - Desa Banyusidi, Kecamatan Pakis, Kabupaten Magelang (24/1/2024) Mahasiswa KKN Tim 1 UNDIP memberikan informasi dan melakukan demonstrasi pembuatan ecobrick. Ecobrick itu sendiri merupakan salah satu upaya pemanfaatan sampah plastik dengan cara menggunting plastik menjadi potongan kecil dan dipadatkan di dalam botol plastik. Ecobrick dapat dimanfaatkan untuk membuat kursi, meja, dan sebagainya.


Hal yang mendasari dilakukannya program pembuatan ecobrick adalah banyaknya masyarakat di Desa Banyusidi yang belum mengetahui cara mengolah sampah plastik. Salah satu contohnya yaitu masih banyak Masyarakat di Dusun Dayugo yang membuang sampah plastik sembarangan ataupun membakar sampah plastik, padahal kebiasaan tersebut dapat berdampak buruk bagi kesehatan dan lingkungan.


Kegiatan program ini dilakukan dengan memperkenalkan produk ecobrick, memaparkan manfaat pembuatan ecobrick, memaparkan langkah-langkah pembuatan ecobrick, dan dilanjutkan dengan praktik pembuatan ecobrick bersama ibu-ibu PKK Dusun Dayugo sebagai perwakilan masyarakat di setiap RT pada Dusun Dayugo. Praktik pembuatan ecobrick ini diikuti dengan sangat baik oleh masyarakat Dusun Dayugo.



Penulis:
Lailatun Naja 
(Teknik Infrastruktur Sipil dan Perancangan Arsitektur/Sekolah Vokasi)

Editor:
Achmad Munandar

#p2kknundip

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..