Membentuk Masyarakat yang Sehat Dapat Dimulai Dari Keluarga - Comedy, Indie and Creativity

Kamis, 08 Februari 2024

Membentuk Masyarakat yang Sehat Dapat Dimulai Dari Keluarga

 



Loetju.id(Lawu 05/02/2024) Dalam membentuk masyarakat yang sehat perlu dimulai dari keluarga. Salah satu upaya untuk membentuk keluarga yang sehat adalah dengan pemenuhan gizi yang seimbang. Gizi Seimbang adalah makanan sehari- hari yang mengandung zat gizi dalam jumlah dan jenis yang sesuai dengan kebutuhan. Gizi yang seimbang sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangan bayi dan balita serta kesehatan semua kelompok umur dalam keluarga.

Melihat pentingnya gizi seimbang dalam keluarga Mahasiswa Tim 1 KKN Undip memberikan pendampingan secara khusus kepada kader posyandu dengan melakukan kunjungan untuk memantau penerapan gizi seimbang pada keluarga dan memberikan motivasi agar dapat menggencarkan kembali dan mendukung implementasi gizi seimbang. 

Mahasiswa KKN Undip juga menyampaikan pentingnya gizi seimbang secara langsung kepada ibu-ibu sebagai garda terdepan penyedia makanan keluarga. Penyampaian materi gizi seimbang dilakukan saat pelaksanaan posyandu balita/lansia maupun kegiatan PKK yang ada di Desa Lawu. Materi yang diberikan adalah 10 pesan gizi seimbang, contoh- contoh porsi dan menu sehari- hari, dan secara khusus mengenai pencegahan stunting serta gizi pada lansia. 

Pelaksanaan program ini berjalan dengan lancar dan iklim diskusi dapat terbentuk dua arah. Ibu- Ibu aktif dalam berdiskusi, bertanya, dan menaggapi materi yang disampaikan oleh mahasiswa. Pelaksanaan program pendampingan penerapan gizi seimbang keluarga ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif untuk peningkatan derajat kesehatan keluarga.

 

Penulis: 
Inayatu Shafiyah

Jurusan/Fakultas: 
Ilmu Gizi/Fakultas Kedokteran 

Dosen Pembimbing: 
- Ir. Daud Samsudewa, S.Pt., M.Si., Ph.D., IPM.   
- Asep Muhamad Samsudin, S.T., M.T.
- Dr. Dra. Nurhayati M.Si.

Lokasi: 
Desa Lawu, Kecamatan Nguter, Kabupaten Sukoharjo

Editor:
Achmad Munandar

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..