Mengutamakan Keselamatan dan Kesahatan di Lingkungan Rumah: K3 untuk Kesejahteraan Keluarga - Comedy, Indie and Creativity

Selasa, 13 Februari 2024

Mengutamakan Keselamatan dan Kesahatan di Lingkungan Rumah: K3 untuk Kesejahteraan Keluarga

Penyuluhan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3)
 dalam Rumah Tangga oleh Mahasiswa KKN Tim 1 Undip, Selasa (23/01/2024)
Sumber : Dok. Pribadi


Loetju.id -Sosialisasi mengenai K3 di lingkungan rumah tangga merupakan salah satu program kerja monodisiplin dari Tsabita Nur Alifa, selaku mahasiswa KKN TIM 1 2023/2024 Universitas Diponegoro yang berasal dari Jurusan Teknik Kimia, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro. Program kerja ini telah terlaksana pada Selasa (23/01/2024) yang ditujukan kepada warga desa Moga RT 002 RW 004, Desa Moga, Kecamatan Moga, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah. Program kerja penyuluhan yang dilakukan mengenai Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dengan program yang berjudul “Penyuluhan mengenai K3 kebakaran dalam rumah tangga mengenai bahan mudah terbakar dalam rumah beserta penanggulangannya”. 

Kecelakaan merupakan peristiwa yang tidak terduga dan tidak diharapkan. Tidak terduga karena tidak ada unsur kesengajaan di belakang peristiwa tersebut, sementara tidak diharapkan karena biasanya menyebabkan kerugian materiil atau penderitaan, mulai dari yang ringan hingga yang parah. Secara umum, terdapat tiga kelompok kecelakaan, yaitu kecelakaan kerja di perusahaan, kecelakaan lalu lintas, dan kecelakaan di rumah tangga.

Kecelakaan kerja tidak terjadi secara kebetulan, melainkan memiliki penyebab yang dapat diidentifikasi dan diantisipasi. Menurut Konvensi Nasional Keselamatan dan Kesehatan Kerja di Jakarta, kecelakaan kerja adalah peristiwa yang mengakibatkan sakit, cedera fisik pada pekerja, atau kerusakan harta perusahaan. Di lingkungan rumah tangga, jenis kecelakaan yang umum meliputi luka sayat, luka bakar, jatuh atau terpeleset, terkena sengatan listrik, dan lain sebagainya.

Banyak orang mungkin beranggapan bahwa rumah merupakan tempat yang paling aman. Namun, kenyataannya, terdapat banyak bahaya dan risiko yang mengintai di lingkungan rumah tangga. Bahaya-bahaya ini meliputi kasus kebakaran, keracunan makanan, paparan zat kimia berbahaya, kecelakaan, dan sebagainya.

Ada dua faktor utama penyebab kecelakaan kerja. Pertama, kondisi berbahaya, yang meliputi kondisi mesin, peralatan, lingkungan, proses kerja, sifat pekerjaan, serta sikap dan tingkah laku tidak aman. Kedua, perbuatan berbahaya, yang merupakan tindakan berisiko dari manusia yang dalam beberapa kasus dapat dipengaruhi oleh jenis pekerjaan di rumah tangga, seperti menyiapkan makanan, membersihkan rumah, atau merawat anggota keluarga.

Kebakaran merupakan bencana yang sangat sering terjadi pada masyarakat terutama pada lingkungan yang padat penduduk melihat pola permukiman penduduk dengan jarak rumah yang berdempetan, jumlah rumah yang padat dan halaman rumah yang kecil. Kebakaran rumah umumnya disebabkan karena konsleting arus pendek, kebocoran gas elpiji atau tersambar petir selain itu dapat disebabkan faktor kelalaian manusia.

Dalam mengatasi risiko kecelakaan di rumah tangga, penting untuk mengidentifikasi dan mengatasi kondisi berbahaya serta mendorong perilaku aman dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Selain itu, pendidikan tentang keselamatan rumah tangga juga dapat meningkatkan kesadaran dan mengurangi risiko kecelakaan.

Dengan demikian, penyuluhan mengenai K3 di lingkungan rumah tangga dirasa penting untuk diterapkan di lingkungan warga sehingga timbul adanya program kerja ini sehingga program kerja ini dapat memberikan hasil yang diinginkan, yaitu pemahaman dan penerapan budaya K3 dalam kehidupan sehari-hari warga setempat, membentuk budaya K3 yang kuat di lingkungan rumah tangga, serta kesadaran bahwa risiko bahaya dapat terjadi tanpa pandang bulu mengenai siapa, kapan, dan di mana. 



Penulis: Tsabita Nur Alifa

Jurusan: Teknik Kimia

Fakultas : Teknik

DPL: Dr. Ana Silviana, S.H., M.Hum.

Lokasi KKN: Desa Moga, Kecamatan Moga, Kabupaten Pemalang

Editor: Achmad Munandar

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..