Meningkatkan Kreativitas Siswa SD Negeri Kebanggan melalui Edukasi Bangun Ruang menggunakan Kardus dan Karton oleh Mahasiswa KKN - Comedy, Indie and Creativity

Senin, 12 Februari 2024

Meningkatkan Kreativitas Siswa SD Negeri Kebanggan melalui Edukasi Bangun Ruang menggunakan Kardus dan Karton oleh Mahasiswa KKN

Foto Bersama Siswa SDN Kebanggan


Loetju.id24 Januari 2024. Mahasiswa KKN Undip Tim I Tahun 2023/2024 Jurusan Arsitektur di Desa Kebanggan, Kecamatan Moga, Kabupaten Pemalang, melaksanakan kegiatan peningkatan Kreativitas Siswa SD Negeri Kebanggan melalui Edukasi Bangun Ruang menggunakan Kardus dan Karton.

Kegiatan ini dilakukan atas dasar pentingnya mengenalkan konsep bangun ruang pada anak untuk menstimulasi kemampuan berfikir logis mereka. Para siswa diajarkan tentang bagaimana bangun ruang sederhana dapat dibentuk dari bagun datar atau jaring-jaringnya dengan cara yang mudah. Dalam program ini, mahasiswa KKN menghadirkan konsep pembelajaran yang menggabungkan unsur edukatif dan kreatif. Dengan bimbingan dari mahasiswa, para siswa aktif terlibat dalam proses pembuatan model bangun ruang menggunakan kardus dan karton. Mereka belajar tentang konsep dasar seperti persegi, persegi panjang, segitiga, lingkaran dan lainnya.

Terlihat peningkatan signifikan dalam kreativitas dan pengetahuan siswa. Mereka tidak hanya belajar tentang matematika dan geometri secara teoritis, tetapi juga mengaplikasikan konsep- konsep tersebut dalam kegiatan praktis yang menarik serta bahan-bahan yang mudah ditemukan.

Kegiatan Membuat Bangun Ruang bersama Siswa SDN Kebanggan

Program ini mendapat dukungan penuh dari pihak sekolah. “Proses pembelajaran melalui alat peraga seperti ini memang sangat penting karena belajar sambil langsung melihat mampu mampu meningkatkan minat belajar dan kreativitas siswa , bukan melalui teori saja,” ungkap Ibu Sukamti selaku Kepala Sekolah SDN Kebanggan. Selain itu, program ini juga diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi sekolah-sekolah lain dalam mengembangkan metode pembelajaran yang menyenangkan dan efektif.



Editor:
Achmad Munandar

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..