Menjadi Prospek Bisnis Yang Menguntungkan, Mahasiswa KKN Undip Berikan Edukasi Tentang Perbanyakan Tanaman Hias dan ZPT Alami Kepada Warga Desa Kebanggan - Comedy, Indie and Creativity

Senin, 12 Februari 2024

Menjadi Prospek Bisnis Yang Menguntungkan, Mahasiswa KKN Undip Berikan Edukasi Tentang Perbanyakan Tanaman Hias dan ZPT Alami Kepada Warga Desa Kebanggan

 



Loetju.idSenin, 29 Januari 2024. Upaya meningkatkan keterampilan di bidang pertanian pada warga setempat, Mahasiswa Tim I KKN Undip 2023/2024 Jurusan Agroekoteknologi kenalkan dan memberikan edukasi terkait perbanyakan tanaman mawar dengan cara stek dan perendaman Zat Pengatur Tumbuh (ZPT) Alami dari umbi bawang merah kepada ibu rumah tangga di Desa Kebanggan, Kecamatan Moga, Kabupaten Pemalang. 

Perbanyakan tanaman stek dilakukan dengan memotong bagian batang tanaman mawar kemudian direndam dengan ZPT berbahan dasar umbi bawang merah yang telah dihaluskan. Perendaman ZPT umbi bawang merah bertujuan untuk mempercepat pertumbuhan tunas dan merangsang pembentukan akar pada stek batang mawar.

Kegiatan edukasi ini dilakukan saat acara perkumpulan ibu-ibu RW 01 Kebanggan. Edukasi dilakukan dengan menjelaskan secara langsung dan memberikan leaflet tentang cara pembuatan Zat Pengatur Tumbuh (ZPT) Alami dan metode pananaman stek batang mawar. Mahasiswa juga melakukan praktik secara langsung sehingga ibu-ibu mudah dalam memahami tata caranya dari awal hingga akhir.


Kegiatan ini mendapatkan respon positif dari partisipan, dilihat dari antusiasme ibu-ibu dalam bertanya tentang perbanyakan stek batang dan bagaimana tips agar berhasil dalam menanamstek tanaman hias. 

Output yang diharapkan dari program ini yaitu warga Kebanggan terutama ibu-ibu rumah tangga dapat memahami tentang praktik perbanyakan tanaman hias dan menerapkannya di rumah sehingga dapat dijadikan sebagai peluang usaha.



Penulis:
Ganesti Qonita Ramadhanti

Editor:
Achmad Munandar

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..