Menjelajahi Dunia Statistika Bersama Tim I KKN UNDIP di MI Malangsari - Comedy, Indie and Creativity

Jumat, 09 Februari 2024

Menjelajahi Dunia Statistika Bersama Tim I KKN UNDIP di MI Malangsari

 


Loetju.id - Sebuah upaya menarik untuk memperkenalkan ilmu statistika telah dilakukan oleh Tim I Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Diponegoro (UNDIP) di MI Malangsari. Dalam kunjungan mereka ke sekolah tersebut, tim KKN membawa semangat untuk mengajak siswa-siswi mengeksplorasi dunia statistika yang kadang dianggap rumit.

Dalam suasana yang penuh antusiasme, siswa-siswi kelas 6 MI Malangsari diajak untuk memahami pentingnya statistika dalam kehidupan sehari-hari. Salah seorang anggota Tim I KKN UNDIP, Fadhlurrahman Arifin, seorang mahasiswa Jurusan Statistika Fakultas Sains dan Matematika, menjelaskan, "Taman Belajar Statistika : Statistika itu seperti kisah yang tersembunyi di balik angka-angka. Dengan memahaminya, kita bisa melihat pola-pola yang terjadi di sekitar kita."

Kegiatan dimulai dengan pengenalan konsep dasar statistika, seperti pengertian data, jenis-jenis data, dan bagaimana data dapat diolah untuk mendapatkan informasi yang bermanfaat. Melalui permainan-permainan interaktif dan contoh kasus yang relevan dengan kehidupan sehari-hari, siswa-siswi diajak untuk aktif berpartisipasi dalam proses pembelajaran.

"Ternyata statistika itu tidak sesulit yang saya bayangkan," kata Yuda, salah seorang siswa kelas 6. "Saya baru tahu kalau statistika bisa digunakan untuk menganalisis berbagai hal, seperti jumlah siswa per kelas, rata-rata nilai ujian, atau bahkan jumlah gol yang dicetak dalam sebuah pertandingan sepak bola."

Selain itu, Tim I KKN UNDIP juga memberikan pengenalan tentang alat-alat statistika sederhana, seperti diagram batang, diagram lingkaran, dan tabel. Dengan bantuan alat-alat tersebut, siswa-siswi diajak untuk mengolah data-data sederhana dan mempresentasikannya secara visual. 

Pemahaman konsep 3 M (mean, median, modus) juga diberikan sebagai langkah awal pengenalan analisis. Dengan memahami dan menguasai konsep-konsep ini, diharapkan dapat menginterpretasikan data dengan lebih baik, membuat keputusan yang lebih informasional dan terinformasi, dan mengidentifikasi pola atau tren yang mungkin tersembunyi dalam data. Ini merupakan dasar yang penting dalam analisis statistik dan pengambilan keputusan dalam berbagai konteks, baik itu di bidang bisnis, ilmiah, sosial, atau lainnya.

"Kegiatan ini sungguh menarik dan bermanfaat," kata Bu Yuli, salah seorang guru di MI Malangsari. "Dengan adanya pengenalan statistika seperti ini, siswa-siswi kami dapat lebih memahami konsep-konsep dasar dan mengembangkan kemampuan analisis mereka."
Kegiatan pengenalan ilmu statistika ini diharapkan dapat menjadi awal yang baik bagi siswa-siswi MI Malangsari untuk terus mengembangkan minat dan pemahaman mereka terhadap ilmu statistika. Dengan demikian, mereka diharapkan dapat menjadi generasi yang terampil dalam memahami dan mengolah data, yang sangat penting dalam era digital yang semakin berkembang pesat ini.



Editor:
Achmad Munandar

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..