Pemberdayaan Perangkat Desa terkait Kegunaan Peta Tata Guna Lahan Wilayah Desa Mlese sebagai Bahan Pemahaman Dasar dan Acuan dalam Membantu Pemanfaatan Penggunaan Lahan untuk Warga - Comedy, Indie and Creativity

Selasa, 13 Februari 2024

Pemberdayaan Perangkat Desa terkait Kegunaan Peta Tata Guna Lahan Wilayah Desa Mlese sebagai Bahan Pemahaman Dasar dan Acuan dalam Membantu Pemanfaatan Penggunaan Lahan untuk Warga



Loetju.idPengelolaan bangunan yang dibangun dan penggunaan lahan sering kali menyimpang dari peraturan dan standar pemerintah di banyak bidang. Desa Mlese yang terletak di Kecamatan Cawas, Kabupaten Klaten didominasi dengan kawasan pertaniannya yang menjadi sumber pendapatan utama sebagian besar penduduknya. Namun karena penempatan lahan pertanian pada lereng yang terjal atau topografi yang rendah, banyak diantaranya yang tidak terkelola secara efektif dan sering terdampak oleh banjir. Selain itu, kondisi penempatan kawasan terbangun di desa juga memberikan tantangan tersendiri.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, tim KKN 1 Undip bekerjasama dengan perangkat desa untuk melakukan pemberdayaan dalam hal pemanfaatan lahan terbangun dan tidak terbangun yang dapat dikembangkan. Kolaborasi ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman penggunaan lahan melalui penyebaran pengetahuan melalui media cetak, diantaranya berupa leaflet dan peta. Penjelasan teknis dilakukan di balai desa sebagai wadah pemberdayaan pengetahuan sebaran wilayah terbangun dan belum terbangun di Desa Mlese, seperti tergambar pada peta hasil analisis mahasiswa.
 
Proses penyampaian informasi juga didukung dengan selebaran yang dapat disebarkan kepada perangkat desa lainnya. Tujuannya adalah untuk mengidentifikasi wilayah yang potensial untuk pengembangan wilayah di Desa Mlese, termasuk bagian sawah tadah hujan yang kurang menjanjikan di beberapa wilayah. Dengan mengkonversi sebagian kecil lahan tersebut menjadi fungsi lahan alternatif seperti taman atau kawasan usaha kecil dan menengah (UMKM) yang berpotensi menjadi kawasan yang dapat meningkatan perekonomian desa. 
 

Upaya kolaborasi tim KKN 1 Undip dan perangkat desa di Desa Mlese merupakan langkah penting menuju pemanfaatan dan pembangunan lahan berkelanjutan. Dengan mematuhi peraturan dan standar pemerintah, dan dengan memanfaatkan kembali kawasan tertentu secara kreatif, desa dapat mencapai keseimbangan antara melestarikan warisan pertanian dan mendorong pertumbuhan ekonomi.



Penulis:
Aulia Putri Sugiharto
Perencanaan Wilayah dan Kota
Fakultas Teknik

Lokasi: 
Desa Mlese, Kecamatan Cawas, Kabupaten Klaten

DPL: 
Dr. Sunarno, S.Si, M.Si

Editor:
Achmad Munandar

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..