Pendampingan Kader Kesehatan untuk Peningkatan Kesejahteraan Keluarga Desa Lawu - Comedy, Indie and Creativity

Kamis, 08 Februari 2024

Pendampingan Kader Kesehatan untuk Peningkatan Kesejahteraan Keluarga Desa Lawu

Gambar 1 Diskusi dengan kader kesehatan


Loetju.id - Mahasiswa Tim I KKN UNDIP Telah berhasil menjalankan program pendampingan kader kesehatan untuk peningkatan kesehjahteraan Desa Lawu. Program ini berfokus pada penekanan angka stunting pada masyarakat desa Lawu, dikarenakan menurut data yang telah di rilis pada tahun 2023 bahwasanya Desa Lawu menjadi desa ke dua tertinggi dengan angka stunting. 

Tentunya hal ini harus coba kita perhatikan dan menjadi fokus utama untuk mengurangi hal tersebut. Lebih dari pada itu, selain menekankan pendampingan kader kesehatan untuk mengurangi angka stunting, program ini juga menyasar di seluruh lini masyarakat baik, balita, muda mapun lansia, dikarenakan dalam program ini, kami mahasiswa TIM I KKN UNDIP TAHUN 2023/2024, bekerjasama dengan seluruh anggota yang terdiri dari berbagai jurusan guna mengambungkan semua bidang ilmu, untuk menunjang peningkatan kesejahteraan kelaurga. 

Untuk mewujudkan hal tersebut, kami menarget kan kader kesehatan sebagai salah satu kader utama untuk nantinya meneruskan program ini sampai seterusnya setelah kami selesesai menjalankan KKN di Desa Lawu ini. Pendampingan kader ini diawali dengan berdiskusi bersama terkait dengan kader kesehatan, karena sejatinya kita harus tau bagaimana kondisi dari Desa Lawu itu sendiri, agar apa yang akan kita targetkan tetap selaras dengan kondisi yang nyata di desa. 

Pendampingan ini terdiri dalam enam variabel, yang semuanya memiliki tujuan yang sama, yaitu untuk peningkatan kesejahteraan keluarga. Pertama adalah terkait dengan peningkatan keluarga sejahtera dalam aspek ekonimi, seperti financial distress serta brand awareness. Pengambilan dua topik tersebut, erat kaitanya dengan permasalahan yang terjadi pada warga desa, dimana financial distress ini berkaitan dengan bagaimana warga yang masih konsumtif. Financial distress ini bertujuan untuk menghindari adanya collaps keuangan rumah tangga, yang nantinya akan berdampak ke hal lainnya. Pendampingan ini Pendampinga kader ini dilaksanakan oleh salah satu anggota kelompok kami yaitu Arfin Bararadika dari jurusan Ekonomi Islam.

 Selain dengan pendampingan kader secara individu, kami juga melakukan presentasi terkait hal tersebut secara langsung kepada masyarakat melalaui kumpul rutin yang dilakukan oleh warga desa, salah satunya kumpul rutin yang terlaksana di Dukuh Berangkal. Fokus utama kami yang kedua ialah brand awarness. Bramd awarness sendiri bertujuan untuk meningkatkan kesadaran Pemilik usaha dalam mempromosikan usahanya. 

Latar belakang pengambilan fokus ini didasari oleh observasi kami selama beberapa hari di Desa Lawu, bahwasanya banyak sekali UMKM yang ada, namun masih sedikit yang mempunyai Brand nya sendiri, sehingga masyarakat akan kesulitan untuk mencari tahu akan produk tersebut. Pendampingan ini dilakukan oleh salah satu anggota kelompok kami yaitu sindy Af’idatul Azkiyah dari program studi Manajamen dan Administrasi Logistik.

Selain aspek ekonomi, kami juga membantu peningkatan keluarga  dalam aspek kesehatan dengan fokus utama Membentuk Masyarakat yang Sehat Dapat Dimulai Dari Keluarga. Dalam membentuk masyarakat yang sehat perlu dimulai dari keluarga. Salah satu upaya untuk membentuk keluarga yang sehat adalah dengan pemenuhan gizi yang seimbang. Gizi Seimbang adalah makanan sehari- hari yang mengandung zat gizi dalam jumlah dan jenis yang sesuai dengan kebutuhan. Gizi yang seimbang sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangan bayi dan balita serta kesehatan semua kelompok umur dalam keluarga
.
Melihat pentingnya gizi seimbang dalam keluarga Mahasiswa Tim 1 KKN Undip memberikan pendampingan terhadap kader posyandu agar dapat menggencarkan kembali dan mendukung implementasi gizi seimbang dalam keluarga. Selain itu, Mahasiswa KKN Undip juga menyampaikan pentingnya gizi seimbang secara langsung kepada ibu-ibu sebagai garda terdepan penyedia makanan keluarga. Pendampingan ini di kerjakan oleh salah satu anggota kami lainnya yaitu inayatu shofiah dari program studi Gizi

Selain dari pemenuhan gizi, Pemenuhan kebutuhan Hidup bagi setiap individu harus terpenuhi terutama dalam hal lingkungan yang akan berdampak langsung dengan individu itu sendiri. Salah satu lingkungan yang paling dekat dengan masyarakat ialah rumah, dimana segala aktivitas dapat dilakukan serta dimana tempat kita beristirahat, oleh karena itu pentingnya bagaimana menjaga lingkungan rumah kita menjadi suatu lingkungan yang sehat. 
Sesuai dengan Keputusan Menteri Kesehatan Nomor 829/MENKES/SK VII/1999 tentang standarisasi rumah sehat, Permen PUPR No.12 Tahun 2020, dan juga peraturan terkait lainnya. 

Oleh karena itu, untuk mengangkat kembali isu ini maka kami bekerjasama dengan kader posyandu desa lawu, bahu membahu memberi pengetahuan terkait permasalahan ini secara langsung kepada masyarakat, dan peran kami sebagai mahasiswa ialah pendampingan kader mengenai rumah sehat agar informasi yang telah diberikan agar tetap berjalan dan dapat ditindaklanjuti lebih baik kedepanya oleh kader-kader posyandu yang ada.pendampingan program rumah sehat ini dilaksnakan oleh salah satu anggota kelompok kami yaitu Egi Budiman Triguna dari jurusan Arsitektuir

Diluar itu semua, perkembangan kesejahteraan individu juga harus di tingkatkan sejak dini, yaitu mengenail pentingnya literasasi bagi anak .Literasi sangat penting karena merupakan keterampilan fundamental yang memungkinkan individu untuk memahami, mengevaluasi, dan menggunakan informasi secara efektif. Namun realitanya, kemampuan literasi pada anak saat ini masih rendah. Apalagi dengan kehadiran smartphone yang mengakibatkan rendahnya budaya membaca. Mereka lebih memilih menonton video yang menarik dibandingkan dengan membaca. Hal ini pula didukung oleh sikap orang tua yang kurang mengontrol penggunaan smartphone terhadap anaknya, sehingga mereka menjadi kecanduan.

Oleh karena itu Mahasiswi jurusan Bahasa dan Kebudayaan Jepang FIB Undip, Eka Mei Handayani yang masuk dalam Tim I KKN Universitas Diponegoro periode 2024 melaksanakan program Pendampingan Peningkatan Literasi Pada Anak guna meningkatan minat dan budaya membaca.

Penyebaran angka stunting pada desa lawu, tersebar luad di daerah dukuh-dukuh yang ada di desa Lawu, namun penyebaran ini tidak merata, ada beberapa daerah RT/RW yang memiliki tingkat stunting rendah, namun juga ada beberapa daerah RT/RW yang masih tinggi tingkat stuntingnya. Tentunya hal ini harus di petekan secara matang untuk menurunkan angka stunting di daerah-daerah dengan angka stunting yang tinggi. Salah satunnya yaitu dengan pembuatan pemetaan angka stunting di daerah-daerah yang berada di desa lawu. Pembuatan peta ini dilakukan oleh salah satu anggota kami yaitu Istaini zulaikaha dari program studi Teknik geodesi

Pembuatan peta penyebaran ini diharapkan dapat membuat kader posyandu lebih mengetahui daerah mana yang masih memiliki angka stunting yang tinggi dibandingkan daerah lainnya

Gambar 2 Pendampingan Keluarga Sejahtera di Desa Lawu 

Pemilihan program kerja ini diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan Desa Lawi dalam berbagai aspek kehidupan. Selain itu, besar harapan bagi Kader yang sudah kita dampingi untuk dapat melanjutkan program ini dan dapat bermanfaat bagi masyarakat sekitar nantinya, walapun kami sudah tidak menjalani KKN di Desa ini.



Editor:
Achmad Munandar

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..