Pengenalan Pertanian dan Praktik Menanam Sejak Dini untuk Mempersiapkan Petani-petani Muda Desa Tambi di Masa Depan - Comedy, Indie and Creativity

Rabu, 14 Februari 2024

Pengenalan Pertanian dan Praktik Menanam Sejak Dini untuk Mempersiapkan Petani-petani Muda Desa Tambi di Masa Depan

 


Loetju.idTambi, Kecamatan Watukumpul, Kabupaten Pemalang (18/1/2024), Pertanian menjadi salah satu potensi yang dimiliki oleh Desa Tambi sehingga banyak masyarakatnya yang bermatapencaharian sebagai petani. Namun, di era yang sudah modern ini sebagian petani hanya berasal dari kalangan orang tua, begitu pun di Desa Tambi. Sangat sedikit anak-anak muda yang berkenan untuk terjun di dunia pertanian. Maka dari itu, untuk menjaga adanya regenerasi petani khususnya di Desa Tambi, Ghilman Ainnudin seorang mahasiswa prodi Agroekoteknologi yang juga sedang melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Tambi memperkenalkan dunia pertanian kepada anak-anak sekolah dasar di sana.


Ia memperkenalkan pertanian dengan praktik langsung menanam dengan menggunakan polybag. Kegiatan tersebut dilaksanakan di SDN 02 Tambi dan diikuti oleh sebagian murid-murid disana. Ghilman membagikan ilmunya mengenai ilmu dasar serta istilah-istilah dalam dunia pertanian, seperti benih, media tanam, polybag, dan lain sebagainya. 

Anak-anak begitu antusias dalam mengikuti kegiatan tersebut, mulai dari memasukkan media tanam ke polybag, menyemai benih, serta melakukan penyiraman. “Ilmu dasar mengenai pertanian ini perlu mulai dikenalkan kepada anak-anak sejak dini sehingga mereka tidak asing dengan dunia pertanian, apalagi dengan potensi Desa Tambi yang memiliki lahan pertanian yang sangat luas, sungguh sayang apabila nantinya tidak ada generasi penerus yang berminat untuk terjun di dunia pertanian”, tutur Ghilman. 




Penulis: 
Ghilman Ainnudin 
(NIM 23020220130056)
Mahasiswa Prodi Agroekoteknologi 
TIM 1 Reguler KKN Desa Tambi Universitas Diponegoro 2024 

Dosen Pembimbing Lapangan: 
Marwini, S.H.I., M.A., M.S.I

Hari, Tanggal: 
Kamis, 18 Januari 2024

Lokasi: 
SDN 02 Tambi, Desa Tambi, Kecamatan Watukumpul, Kabupaten Pemalang

Editor:
Achmad Munandar

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..