Penyuluhan Pentingnya Branding: Membangun Identitas Merek yang Kuat bagi UMKM Susu Kedelai di Kelurahan Bulakan - Comedy, Indie and Creativity

Kamis, 15 Februari 2024

Penyuluhan Pentingnya Branding: Membangun Identitas Merek yang Kuat bagi UMKM Susu Kedelai di Kelurahan Bulakan

 



Loetju.idDalam upaya meningkatkan daya saing UMKM susu kedelai di pasar yang semakin kompetitif, telah diselenggarakan program penyuluhan tentang pentingnya branding. Penyuluhan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih baik kepada para produsen susu kedelai kecil tentang peran penting identitas merek dalam membedakan produk mereka, menarik pelanggan potensial, dan memperkuat posisi mereka di pasar.

Audiens diajak untuk memahami bahwa branding tidak hanya tentang menciptakan logo yang menarik, tetapi juga tentang membangun citra merek yang konsisten dan meyakinkan. Melalui presentasi dan diskusi interaktif, mereka diberikan wawasan tentang bagaimana mengidentifikasi nilai unik dari produk mereka dan menyampaikan pesan merek yang efektif kepada konsumen.

Aspek penting dari penyuluhan ini adalah pembahasan tentang bagaimana mendesain kemasan produk yang menarik dan informatif. Para peserta diberikan tips praktis tentang pemilihan warna, font, dan gambar yang sesuai dengan identitas merek mereka dan menarik perhatian konsumen.

Selain itu, pentingnya konsistensi dalam komunikasi merek juga ditekankan. Para peserta diajak untuk memastikan bahwa pesan merek mereka konsisten dalam semua saluran komunikasi.

Diharapkan, melalui penyuluhan yang dilakukan oleh Octavia Fildzah Rahma, selaku anggota TIM 1 KKN UNDIP 2024 ini, para produsen susu kedelai UMKM akan lebih memahami pentingnya branding dalam membedakan produk mereka di pasar dan meningkatkan daya tarik mereka bagi konsumen. Dengan membangun identitas merek yang kuat dan konsisten, diharapkan UMKM susu kedelai dapat memperluas pangsa pasar mereka dan bersaing secara lebih efektif di pasar yang semakin kompetitif.



Dosen Pembimbing Lapangan :
Prof. Dr. Eng. Agus Setyawan, S.Si., M.Si dan Muhamad Azhar, S.H., LL.M

Lurah Bulakan: 
Marlina Dry Hastuti, S.E., M.M

Camat Sukoharjo: 
Havid Danang P.W., S.H., M.H

Penulis: 
Octavia Fildzah Rahma
(Manajemen dan Administrasi Logistik, TIM 1 KKN UNDIP 2024)

Editor:
Achmad Munandar

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..