Sampah Rumah Tangga Menumpuk? Mahasiswa KKN Tim I UNDIP Berikan Solusi Untuk Mengolah Sampah-sampah Tersebut - Comedy, Indie and Creativity

Sabtu, 17 Februari 2024

Sampah Rumah Tangga Menumpuk? Mahasiswa KKN Tim I UNDIP Berikan Solusi Untuk Mengolah Sampah-sampah Tersebut




Loetju.id - Desa Banyusidi, Kec. Pakis, Kab. Magelang, Jawa Tengah (24/1/2024) mahasiswa KKN Tim I UNDIP melaksanakan program kerja keilmuan, yang berlokasi di Dusun Dayugo. Program yang dilaksanakan oleh mahasiswa ini berisikan penjelasan singkat mengenai jenis-jenis sampah, jenis-jenis plastik, dan bagaimana cara mengolah sampah plastik yang memiliki nilai jual lebih.

Masih banyak masyarakat yang belum memahami tentang bahaya sampah plastik bagi lingkungan dan juga bagaimana cara memanfaatkan sampah plastik ini supaya bisa mendapatkan keuntungan.


Terdapat banyak cara untuk mengolah sampah plastik agar tidak terbuang di bumi ini. Cara mengolah plastik bisa dengan reuse atau menggunakan kembali, recycle atau mengolah Kembali, dan reduce atau mengurangi penggunaan plastik. Cara-cara tersebut merupakan hal yang sudah umum diketahui oleh masyarakat, namun ada satu cara mengolah sampah plastik agar memiliki nilai jual yang lebih, yaitu dengan mencacah si sampah plastik ini dan di jual kepada pihak yang memang akan membeli si sampah ini.

Dengan begini Masyarakat bisa bekerja sama baik itu lingkup Dusun, Desa, Dll guna mengurangi sampah plastik yang tersebar dan juga hal yang paling penting Masyarakat dapat mendapatkan keuntungan secara material bersama.



Penulis: 
Faisal Laudza 
(Fakultas Teknik/Teknik Industri)

Editor:
Achmad Munandar

#p2kknundip

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..