Sosialisasi Pembuatan Herbisida Organik sebagai Pengganti Haerbisida Berbahan Dasar Kimia - Comedy, Indie and Creativity

Jumat, 16 Februari 2024

Sosialisasi Pembuatan Herbisida Organik sebagai Pengganti Haerbisida Berbahan Dasar Kimia


Desa Bulakan, Pemalang (27/1/2024), 
Kegiatan Kuliah Kerja Nyata Tim I Universitas Diponegoro


Loetju.id - TIM I Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Diponegoro melaksanakan program kerja pengenalan herbisida organik di Desa Bulakan pada tanggal 27 Januari 2024. Desa Bulakan terletak di Kecamatan Belik, Kabupaten Pemalang, Provinsi Jawa Tengah. Sebagian besar Masyarakat Desa Bulakan berprofesi sebagai petani. Herbisida berbahan baku bahan kimia  sebagai pembasmi hama rumput masih menjadi pilihan utama Masyarakat Desa Bulakan. Penggunaan herbisida kimia secara terus-menerus akan berdampak pada rusaknya tanah akibat terpapar bahan kimia. Tanah yang terkena bahan kimia akan mengalami pengurangan Tingkat kesuburan. 

Program kerja sosialisasi pembuatan herbisida dengan bahan alami sebagai pengganti herbisida berbahan dasar kimia dilaksanakan guna memberikan informasi kepada Masyarakat Desa Bulakan terkait alternatif dari herbisida berbahan dasar bahan kimia. Herbisida organik dibuat dari bahan-bahan yang mudah ditemui seperti garam dapur, cuka masak, air, dan sabun cuci piring.  

Kegiatan sosialisasi  diawali dengan memberikan materi terkait herbisida dengan media leaflet. Setelah itu, dilanjutkan dengan pembagian produk herbisida organik dan tanya jawab. Antusiasme Masyarakat sangat tinggi dibuktikan dengan banyaknya pertanyaan yang disampaikan. 

Melalui program ini diharapkan Masyarakat Desa Bulakan dapat membuat herbisida organik sendiri menggunakan bahan-bahan yang mudah didapatkan dan tidak berdampak buruk pada lingkungan. Dengan demikian, Masyarakat Desa Bulakan ikut serta berperan aktif untuk menjaga lingkungan sekitar agar tetap terjaga. 



Penulis: 
Marliana Diah Hapsari 
(Teknik Kimia-Fakultas Teknik)

Lokasi: 
Desa Bulakan, Kecamatan Belik, Kabupaten Pemalang, Provinsi Jawa Tengah

Editor:
Achmad Munadar

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..