Sosialisasi Penerapan Digital Marketing: Dorong UMKM Mebel di Kelurahan Bulakan Membuka Peluang Baru - Comedy, Indie and Creativity

Kamis, 15 Februari 2024

Sosialisasi Penerapan Digital Marketing: Dorong UMKM Mebel di Kelurahan Bulakan Membuka Peluang Baru

 




Loetju.idDalam rangka mendukung pertumbuhan dan daya saing UMKM mebel di era digital, telah dilakukan serangkaian sosialisasi tentang penerapan digital marketing. Program ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih baik kepada para pelaku usaha, khususnya mebel tentang manfaat dan strategi yang dapat diterapkan dalam memanfaatkan teknologi digital untuk meningkatkan penetrasi pasar dan meningkatkan penjualan.

Sosialisasi yang dilakukan oleh Octavia Fildzah Rahma selaku anggota TIM 1 KKN UNDIP 2024 ini berbagi pengetahuan dalam menerapkan strategi pemasaran digital yang efektif bagi UMKM mebel. Materi yang dibahas meliputi berbagai aspek digital marketing, mulai dari pembuatan dan pengelolaan toko online hingga penggunaan media sosial.

Para peserta diberikan pemahaman mendalam tentang pentingnya kehadiran online dalam memperluas jangkauan pasar. Mereka diajak untuk memanfaatkan berbagai platform digital seperti e-commerce dan media sosial untuk mempromosikan produk-produk mebel mereka kepada konsumen potensial di berbagai wilayah, bahkan di luar negeri.

Selain itu, strategi pemasaran konten dan pemasaran influencer juga menjadi fokus dalam sosialisasi ini. Para peserta diberikan wawasan tentang bagaimana menciptakan konten yang menarik dan relevan untuk menarik minat konsumen, serta cara bekerja sama dengan influencer di media sosial untuk meningkatkan visibilitas merek dan produk mereka.

Sosialisasi ini diharapkan dapat menjadi langkah awal bagi UMKM mebel untuk memperluas pandangan mereka tentang potensi digital marketing dan mendorong mereka untuk mengambil langkah-langkah konkret dalam mengadopsi teknologi digital dalam strategi pemasaran mereka. Dengan demikian, diharapkan UMKM mebel dapat terus berkembang dan bersaing di pasar yang semakin digital dan global.




Dosen Pembimbing Lapangan:
Prof. Dr. Eng. Agus Setyawan, S.Si., M.Si dan Muhamad Azhar, S.H., LL.M

Lurah Bulakan: 
Marlina Dry Hastuti, S.E., M.M

Camat Sukoharjo: 
Havid Danang P.W., S.H., M.H

Penulis: 
Octavia Fildzah Rahma 
(Manajemen dan Administrasi Logistik, TIM 1 KKN UNDIP 2024)

Editor:
Achmad Munandar

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..