Sumber Air Baru? Mahasiswa KKN Tim I UNDIP Berikan Langkah Tepat Dalam Memanfaatkan Sumber Air - Comedy, Indie and Creativity

Sabtu, 17 Februari 2024

Sumber Air Baru? Mahasiswa KKN Tim I UNDIP Berikan Langkah Tepat Dalam Memanfaatkan Sumber Air

 


Loetju.id - Desa Banyusidi, Kec. Pakis, Kab. Magelang, Jawa Tengah (22/1/2024) mahasiswa KKN Tim I UNDIP melaksanakan program kerja keilmuan, yang berlokasi di Dusun Ngepoh Kidul. Program yang dilaksanakan oleh mahasiswa ini berisikan penjelasan singkat mengenai bagaimana cara memanfaatkan air selain untuk kebutuhan sehari – hari namun air dapat digunakan sebagai pembangkit listrik.

Pada Dusun Ngepoh Kidul ini kondisi air yang dibutuhkan Masyarakat untuk kegiatan sehari – hari dapat dibilang kurang, hal tersebut terjadi dikarenakan faktor alam dan juga kondisi lingkungan yang ada pada saat itu.


Guna memanfaatkan kondisi air yang ada pada saat itu, mahasiswa menjelaskan tentang Energi Baru Terbarukan (EBT), dimana EBT ini merupakan energi yang didapatkan dari alam yang dapat dimanfaatkan dengan berkelanjutan. Contoh energi yang termasuk kedalam EBT ini adalah air, sinar matahari, angin, dan panas bumi. Fokus yang dilaksanakan pada program ini adalah EBT yang menggunakan energi air.

Mahasiswa menjelaskan singkat bagaimana memanfaatkan air sebagai sumber energi Listrik dengna menggunakan alat pembangkit Listrik tenaga air sederhana yang setidaknya dapat dijangkau oleh masyrakat untuk pembuatannya. Dengan adanya pembangkit litrik tenaga air sederhana ini dapat membantu masyarakat dalam kehidupan sehari-harinya.



Penulis: 
Faisal Laudza 
(Fakultas Teknik/Teknik Industri)


Editor:
Achmad Munandar

#p2kknundip

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..