Tim I KKN Undip Membantu Pemerintah Desa Bulakan Untuk Memberantas Tingginya Anak Tidak Sekolah - Comedy, Indie and Creativity

Jumat, 16 Februari 2024

Tim I KKN Undip Membantu Pemerintah Desa Bulakan Untuk Memberantas Tingginya Anak Tidak Sekolah

 




Loetju.idBulakan, 28 Januari 2024 ‒ Baru-baru ini, Tim I KKN Undip yang berlokasi di Desa Bulakan, Kecamatan Belik, Kabupaten Pemalang berkolaborasi dengan Pemerintah Desa Bulakan untuk mengatasi tingginya kasus Anak Tidak Sekolah (ATS) yang ada di Bulakan. Pada tahun 2023 saja, tercatat sebanyak 140 anak usia sekolah di Desa Bulakan tidak melanjutkan duduk di bangku sekolah. Hal tersebut tentu menjadi permasalahan serius yang harus diselesaikan oleh Pemerintah Desa Bulakan. Mengingat Pemerintah sendiri sedang gencar-gencarnya mencanangkan program “Indonesia Emas” di tahun 2045. Untuk itu, permasalahan ini akan menjadi sangat krusial jika tidak segera diselesaikan.

Melihat kondisi yang semacam ini, Tim I KKN Undip yang kebetulan berlokasi di Desa Bulakan tidak tinggal diam. Mereka berkolaborasi dengan Pemerintah Desa dan berbagai elemen yang terdiri dari PKBM Kecamatan Belik, Ketua RT, Bappeda Kabupaten Pemalang, dan para pemuda di Desa Bulakan untuk bahu membahu mengatasi permasalahan ini. Mereka ingin, generasi mendatang memiliki masa depan yang cerah guna menyongsong Indonesia Emas di tahun 2045. Pasalnya, untuk mencapai itu semua, pendidikan menjadi modal dan sarana utama yang harus dimiliki para generasi penerus agar sesuai dengan amanat para terdahulu yang tertuang di Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.

Langkah nyata yang dilakukan oleh Tim I KKN Undip ini adalah dengan membentuk tim khusus untuk mengurusi permasalahan ini. Tim ini terdiri dari 3 orang, yaitu Muhammad Nashiruddin Albani (Manajemen dan Administrasi Logistik), Naufal Yudho Wicaksono (Teknik Elektro), dan Hafid Mustakim (Akuntansi). Tim ini sendiri diketuai oleh Muhammad Nashiruddin Albani yang memang sangat peduli akan masa depan generasi penerus di Desa Bulakan. Setelah tim ini terbentuk, mereka langsung bekerja untuk mengatasi permasalahan ini dengan mengumpulkan data dari anak-anak Desa Bulakan yang tidak sekolah atau tidak melanjutkan sekolah.

Dengan berbekal data yang sudah berada di tangan mereka, tepatnya pada Minggu (28/01/2024), mereka lantas bergerak untuk langsung mendatangi satu per-satu anak-anak yang tidak sekolah tersebut. Mereka berkunjung dari satu rumah ke rumah lainnya untuk menanyakan alasan mereka tidak bersedia melanjutkan sekolah sembari membujuk mereka dan memberikan motivasi kepada mereka untuk kembali duduk di bangku sekolah. 

Dari berbagai kunjungan tersebut, dapat diketahui bahwa alasan anak-anak tersebut tidak sekolah beragam, mulai dari adanya kasus kekerasan, baik fisik maupun batin, yang dialami, adanya penyakit yang diderita, dan yang paling umum adalah adanya mindset yang tertanam pada masyarakat bahwa ketika mereka dianggap sudah siap bekerja, maka mereka akan bekerja.

Namun, tidak ada hal yang sia-sia, di mana berkat kerja keras Tim I KKN Undip dan berbagai elemen yang membantu tersebut, didapatkan beberapa dampak nyata. Tercatat, sudah ada 3 anak tidak sekolah yang sebelumnya mereka datangi untuk kembali ke bangku sekolah dan melakukan kejar paket. Mereka juga berharap, kedepannya tingkat kesadaran generasi muda secara umum dan generasi muda Desa Bulakan secara khusus, akan pentingnya pendidikan dapat terus ditingkatkan demi menyongsong masa depan bangsa yang lebih baik.




Penulis :
Muhammad Nashiruddin Albani

Dosen Pembimbing :
Fajrul Falah, S.Hum., M.Hum.

Editor:
Achmad Munandar

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..