Tingkatkan Kesehatan Ternak, Mahasiswa KKN UNDIP Membuat Produk Untuk Mengurangi Bau Pada Kandang - Comedy, Indie and Creativity

Jumat, 09 Februari 2024

Tingkatkan Kesehatan Ternak, Mahasiswa KKN UNDIP Membuat Produk Untuk Mengurangi Bau Pada Kandang



Loetju.id - Pemerintah Desa Juron sedang mengusahakan giat usaha ekonomi lain di bidang peternakan. Usaha peternakan di Desa Juron dinilai memiliki potensi dalam meningkatkan taraf ekonomi masyarakat Desa Juron. Adapun jenis hewan ternak yang saat ini sedang digiatkan yaitu ternak kambing. Aktivitas ternak kambing tersebut telah dikoordinir dalam sebuah kelompok yang disebut kelompok ternak. Kelompok ternak ini juga tergabung dalam Kelompok Tani-Ternak (KTT). Pemberian bantuan dana juga telah diberikan oleh pemerintah desa bagi kelompok ternak tersebut. Namun, guna keberlanjutan dan manfaat ekonomi yang dapat diperoleh oleh masyarakat, para pegiat ternak di Desa Juron memerlukan pengetahuan teoritik dalam pengelolaan hewan ternak khususnya kambing sehingga hasil yang diperoleh juga lebih optimal. 

Bau pada kandang disebabkan karena kotoran ternak menumpuk atau sanitasi yang kurang baik, dan dapat menyebabkan hewan menjadi rentan penyakit. Oleh karena itu, TIM I KKN UNDIP melaksanakan program monodisiplin Ilmu Peternakan, yakni pendampingan pembuatan produk untuk mengurangi bau pada kandang yang ditujukan kepada kelompok ternak Ngudi Kamulyan dan kelompok ternak Berkah Mulyo. Manfaat dari produk tersebut yaitu hewan dapat nyaman dalam kandang. Selain itu dapat meningkatkan kesehatan ternak sehingga hasil yang diperoleh dapat lebih optimal.

 
Kegiatan diawali dengan pemaparan materi mengenai langkah-langkah pembuatan produk, manfaat dan cara penggunaan. Dalam penyampaian materi terjadi diskusi tanya jawab sebagai upaya untuk memudahkan dalam proses pembuatan produk penyemprot mengurangi bau pada kandang. Bahan-bahan yang digunakan meliputi EM4, molasses dan air. Langkah awal dilakukan dengan EM4 dicampurkan dengan molases serta ditambah dengan air. Setelah itu sudah dapat digunakan.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan kelompok ternak dapat menerapkannya atau dapat mempraktikan agar dapat mencegah timbulnya penyakit sehingga hewan menjadi lebih sehat. Pihak desa mengapresiasi kegiatan ini dengan memberi harapan serta senantiasa meningkatkan betapa pentingnya sanitasi yang baik. Kegiatan ini ditutup dengan penyerahan produk sebagai luaran yang diserahkan kepada Bapak bapak kelompok ternak Desa Juron Kecamatan Nguter Kabupaten Sukoharjo. 



Penulis: 
Mauludiyah Atika Sari

Fakultas/Prodi: 
Peternakan dan Pertanian / Peternakan

Dosen Pembimbing Lapangan: 
Dr. Dra. Nurhayati M.Si 

Editor:
Achmad Munandar

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..