Tumbuhkan Kesadaran Akan Pentingnya Konsumsi Kalsium, Mahasiswi KKN UNDIP Ajak Siswa/I SD Untuk Gemar Minum Susu - Comedy, Indie and Creativity

Selasa, 13 Februari 2024

Tumbuhkan Kesadaran Akan Pentingnya Konsumsi Kalsium, Mahasiswi KKN UNDIP Ajak Siswa/I SD Untuk Gemar Minum Susu

 
Foto Bersama Adik-adik Kelas 3 SDN Tanjungrejo 01


Loetju.id - Tanjungrejo, (20/01/2024) - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) TIM 1 Universitas Diponegoro (UNDIP) 2023/2024 yang berada di Desa Tanjungrejo melakukan edukasi mengenai konsumsi kalsium melalui pentingnya minum susu guna memenuhi gizi seimbang.

Susu merupakan cairan berwarna putih yang dikeluarkan melalui ambing ternak dan memiliki kandungan kalsium serta protein yang tinggi serta baik untuk pertumbuhan dan perkembangan anak. Namun, masih banyak masyarakat yang menganggap sepele terkait manfaat dari konsumsi kalsium ini. Hal ini yang menggerakan saya untuk mengedukasi masyarakat khususnya anak anak terkait pentingnya minum susu untuk mendukung masa pertumbuhan dan perkembangannya.

Program ini dilakukan di Kelas 3 SDN Tanjungrejo 01 dengan memberikan materi dan quiz. Materi yang saya berikan menyesuaikan dengan siswa/i dan menggunakan pemilihan kata yang mudah untuk dipahami dan dimengerti. Selain itu, penanyangan video juga saya lakukan agar siswa/I lebih mengerti dan memahami serta terciptanya minat belajar terkait penjelasan apa itu susu, ternak apa saja yang menghasilkan susu, manfaat minum susu, proses pemerahan dan cara pengolahan susu lebih lanjut sampai diterima oleh konsumen. 

Pelaksanaan program ini mendapatkan respon positif dari Guru dan Siswa/i SDN Tanjungrejo 01. Mereka memperhatikan dan bertanya terkait apa saja yang masih dirasa belum jelas dan dilakukan quiz untuk mengetahui pemahaman mereka mengenai materi yang telah disampaikan. Berdasarkan hasil quiz yang telah dilakukan banyak anak yang semangat dalam menjawab dan sangat antusias.




Penulis:
Annisa Maulita Tri Utami 

Fakultas / Prodi:
Peternakan dan Pertanian / Peternakan

Dosen Pembimbing Lapangan:
Dr. Dra. Nurhayati, M.Si

Editor:
Achmad Munandar

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..