Upaya Mahasiswa Manajemen Undip Mensosialisasikan Pemasaran Digital Melalui Pemanfaatan E-Commerce Shopee Kepada UMKM - Comedy, Indie and Creativity

Kamis, 15 Februari 2024

Upaya Mahasiswa Manajemen Undip Mensosialisasikan Pemasaran Digital Melalui Pemanfaatan E-Commerce Shopee Kepada UMKM

 



Loetju.idSaat ini konsumen semakin mengandalkan internet untuk mencari informasi dan berbelanja. Mereka lebih suka kemudahan berbelanja secara online daripada harus pergi ke toko fisik. Pemasaran digital merupakan praktik mempromosikan produk atau layanan menggunakan media digital, seperti internet, perangkat mobile, dan platform media sosial. Selain itu, adopsi perangkat mobile juga telah memainkan peran besar dalam mempercepat pertumbuhan e-commerce. Hal ini membuat pemasaran digital melalui pemanfaatan e-commerce semakin gencar dilakukan. 

Mahasiswa Tim I KKN UNDIP telah melaksanakan program monodisiplin di Kabupaten Klaten tepatnya di Kecamatan Bayat, Desa Banyuripan pada tanggal 30 Januari 2024. Tim I KKN UNDIP Desa Banyuripan ini memiliki program kerja memperkenalkan kepada UMKM Batik Tulis Desa Banyuripan mengenai pemasaran produk secara digital. Setelah dilakukan survei ke lokasi UMKM pada minggu pertama kegiatan KKN, ternyata masih banyak Ibu-ibu UMKM yang belum memahami dan menerapkan konsep pemasaran digital untuk menawar kan produk-produknya. 

Awalnya program monodisiplin ini dilakukan dengan cara berkoordinasi dengan pihak showroom UMKM Batik Tulis Desa Banyuripan untuk mengadakan pemaparan materi dan simulasi pembuatan akun seller Shopee. Setelah koodinasi dilakukan, dilanjutkan dengan memaparkan materi melalui presentasi powerpoint kepada Ibu-ibu anggota UMKM. Diadakan juga sesi tanya jawab diantara pemaparan materi untuk meningkatkan partisipasi dan keaktifan ibu-ibu anggota UMKM. Setelah itu, dilakukan simulasi pembuatan akun seller Shopee sekaligus pengenalan fitur-fitur dan cara mengelola akun secara berkelanjutan. Terakhir, dilakukan pemberian output poster mengenai keunggulan Shopee kepada Ibu Rini selaku pengelola showroom UMKM Batik Tulis Desa Banyuripan. 

Bagi UMKM, tujuan pemasaran digital seringkali berfokus pada upaya-upaya yang lebih langsung dan terukur untuk meningkatkan penjualan serta memperluas jangkauan pasar. UMKM dapat menggunakan pemasaran digital untuk menjual produk mereka secara online melalui situs web e-commerce atau platform perdagangan elektronik seperti marketplace. 

Dengan pemasaran digital, UMKM juga tidak terbatas pada pasar lokal mereka. Mereka dapat menjangkau pasar regional, nasional, atau bahkan internasional dengan biaya yang relatif lebih rendah dibandingkan dengan metode pemasaran tradisional. Dengan menetapkan tujuan yang jelas dan merancang strategi pemasaran digital yang sesuai, UMKM dapat memanfaatkan potensi penuh internet dan teknologi digital untuk mengembangkan bisnis mereka secara signifikan.



Penulis: 
Ghiffari Bimantoro Putra 
(Manajemen/FEB Undip)

Lokasi: 
Desa Banyuripan
Kecamatan Bayat, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah

Editor:
Achmad Munandar

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..